detikNews
Jumat 07 Agustus 2009, 22:15 WIB

Wayang Kulit Kembali Tampil di Istana Negara

- detikNews
Wayang Kulit Kembali Tampil di Istana Negara
Jakarta - Sebagai rangkaian peringatan hari kemerdekaan ke-64 RI, digelarlah pertunjukan wayang kulit purwa. Ini merupakan kali pertama kesenian wayang kulit digelar di Istana Negara sejak era Soekarno.

Pagelaran berlangsung malam ini, Jumat (7\/8\/2009). Lakon atau judul yang dimainkan adalah Raja Suya Indraprastha yang artinya adalah raja yang agung dari kerajaan yang besar (Indraprastha adalah kerajaan yang didirikan oleh Pandawa).

Bertindak sebagai dalang dari lakon cuplikan Mahabarata ini adalah Ki Purbo Asmoro, dosen muda dari ISI Solo. Hadir pula empat orang sinden bintang tamu.

Meraka adalah Kitsi Emerson, Karen Elizabeth, Hiromi Kano dan Febriyani. Tiga nama pertama adalah WNA dan nama yang terakhir adalah seorang sinden cilik.

Hal lain yang menarik yakni perangkat gamelan pelog dan slendro serta satu kotak penuh anak wayang kulit purwo yang digunakan. Semuanya berinisial SBY.

\\\"Kami sangat surprise. Adanya alat seni pilihan ini membuktikan bahwa Pak SBY cinta wayang,\\\" ujar Ketum Persatuan Pedalangan Indonesia, Ekotjipto dalam sambutannya.

Acara yang dimulai para pukul 21.00 WIB baru akan berakhir pada 03.00 WIB (8\/8). Hadir sejumlah anggota kabinet dalam gelaran malam ini. Di antaranya Jaksa Agung Hendarman Supandji, Menbudpar Jero Wacik, Mendag Marie Pangestu, Panglima TNI Djoko Santoso, Gubernur Jateng Bibit Waluyo dan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo.

Hadir pula undangan dari perwakilan negara sahabat. Aga mereka bisa memahami kisahnya, disiapkan alat telepromter dan layar yang menampil teks narasi dalang dari bahasa Jawa ke dalam bahasa Inggris.



(lh/irw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed