Taufik Kurniawan: Pemerintah Telah Siapkan RUU Pemilu yang Berkualitas

Wisnu Prasetiyo Adi Putra - detikNews
Senin, 24 Okt 2016 10:05 WIB
Foto: Indah Mutiara Kami/detikcom
Jakarta - RUU Pemilu telah sampai ke tangan DPR dan akan dibacakan dalam Rapat paripurna hari Rabu (26/10). Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan meyakini "molornya" pengiriman draf semata-mata karena pemerintah ingin lebih serius mempersiapkan RUU ini.

"Ya saya nilai wajar, mungkin pemerintah selama ini memang memerlukan atau menghabiskan banyak waktu dalam mempersiapkan RUU Pemilu hingga matang sepenuhnya. Pemerintah betul-betul telah mempersiapkan segalanya agar RUU Pemilu betul-betul berkualitas," kata Taufik kepada wartawan, Senin (24/10/2016).

Taufik berharap, pembahasan di DPR akan berjalan lancar meski diyakini akan dinamis. Pembahasan sendiri rencananya akan dimulai setelah masa reses.

"Sehingga proses pembahasan dan pengesahan lebih terukur dan terencana mengingat waktu persiapan tahapan Pemilu semakin dekat, di mana awal 2017," ungkapnya.

"Dengan semangat kebersamaan, saya meyakini semua pihak berkepentingan dengan pelaksanaan Pemilu yang baik di masa yang akan datang. Pemilu adalah hajat bersama, karena itu tidak alasan untuk meragukan keseriusan pemerintah maupun DPR," imbuhnya.

Taufik juga telah memetakan poin-poin mana yang krusial dalam draf RUU Pemilu ini. Salah satunya mengenai ambang batas parlemen.

"Pertama, tentang ambang batas parlemen (parliamentary threshold), kedua, sistem terbuka, tertutup atau perpaduan antara keduanya. Ketiga, persoalan penambahan kursi seiring dengan bertambahnya jumlah wilayah pemilihan. Selebihnya, biarlah proses pembahasan di DPR nantinya akan memberikan pengayaan dan pemikiran konstruktif. Semua untuk kepentingan bersama," paparnya. (wsn/imk)