Rawajati Jaksel Ditertibkan Pagi Ini, Satpol PP DKI: 500 Personel Dikerahkan

Danu Damarjati - detikNews
Kamis, 01 Sep 2016 05:42 WIB
Satpol PP apel di Jalan Raya Kalibata, tak jauh dari kawasan Rawajati yang akan ditertibkan (Foto: Noval Dhwinuari Antony/detikcom)
Jakarta - Permukiman di kawasan Kelurahan Rawajati, Pancoran, Jakarta Selatan, ditertibkan pagi ini. Personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta dikerahkan untuk ikut melakukan penertiban di lokasi.

"Rencananya pagi ini dilakukan penertiban. 500 Personel Satpol PP dari Suku Dinas Jakarta Selatan dikerahkan," kata Kepala Satpol PP Jupan Royter kepada detikcom, Kamis (1/9/2016).

Jupan menjelaskan, kawasan itu ditertibkan untuk mengembalikan jalur hijau. Lokasinya berada dekat rel kereta api. Penertiban ini dikatakannya sudah melewati prosedur yang semestinya dilalui.

"Kami sudah melakukan sosialisasi dan pendekatan kepada warga wilayah itu. Dari SP1 sampai SP3, sudah sesuai Prosedur Tetap," ujar Jupan.

Dia menyatakan akan membantu masyarakat penduduk kawasan itu untuk direlokasi ke Rumah Susun Marunda, Jakarta Utara. "Kita bantu masyarakat," kata Jupan.

(Baca juga: Tolak Digusur, Warga Rawajati Mengeluh Pada Pahlawan di TMP Kalibata)

Sebelumnya diberitakn, warga Rawajati telah melakukan aksi penolakan, yakni dengan mengeluh ke makam pahlawan di TMP Kalibata pada Rabu (31/8) kemarin. Mereka menolak direlokasi karena lokasi Rusun Marunda begitu jauh dari Rawajati.

Kuasa hukum warga Rawajati Yaya Monkais menyampaikan, warga protes digusur karena salah satunya surat penggusuran hanya berupa SP1 yang keluar sejak setahun lalu.

"Harusnya ada SP2 dan SP3 sebelum penggusuran," ucap Yaya yang menyebut rumah warga yang terkena penggusuran yakni 90 kepala keluarga atau 60 rumah.

(dnu/dnu)