DetikNews
Selasa 16 Agustus 2016, 06:44 WIB

Sidang Tahunan MPR-DPR-DPD Digelar Hari ini, Presiden Pidato 3 Kali

Indah Mutiara Kami - detikNews
Sidang Tahunan MPR-DPR-DPD Digelar Hari ini, Presiden Pidato 3 Kali Gedung MPR yang ikonik ini bersiap jadi tempat sidang tahunan (Foto: Indah Mutiara Kami/detikcom)
Jakarta - Rangkaian sidang tahunan akan digelar oleh MPR, DPR, dan DPD hari ini. Presiden Joko Widodo akan hadir dan berpidato 3 kali di 3 sidang.

Tiga sidang itu akan berlangsung di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (15/8/2016). Yang pertama adalah Sidang Tahunan MPR yang dimulai pukul 09.00 WIB.

Selain dihadiri oleh Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla serta para menteri, Sidang Tahunan MPR juga biasanya akan dihadiri oleh mantan presiden dan wakil presiden. Tamu-tamu mulai dari duta besar, ketua umum parpol, dan pejabat lainnya juga diundang.

Dalam Sidang Tahunan MPR, Presiden Jokowi akan berpidato untuk menyampaikan kinerja lembaga-lembaga negara. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan Sidang Bersama DPR-DPD dalam rangka Kemerdekaan RI.

Sidang akan dibuka oleh Ketua DPR Ade Komarudin, lalu Presiden Jokowi akan menyampaikan pidato kenegaraan terkait kemerdekaan RI. Sidang Bersama DPR-DPD ini juga masih diikuti oleh tamu-tamu undangan selain dari para anggota dewan sendiri.

Setelah makan siang, agenda ketiga berlanjut yaitu Rapat Paripurna DPR untuk pembukaan Masa Sidang I 2016-2017. Dalam rapat paripurna ini, Presiden Jokowi akan berpidato tentang RAPBN 2017 sekaligus menyerahknya ke DPR.

Rapat Paripurna ini sekaligus untuk menandakan bahwa para anggota DPR kembali bersidang. Sebelumnya, para wakil rakyat menjalani reses untuk menyerap aspirasi masyarakat.

Sederet persiapan sudah dilakukan oleh MPR, DPR, dan DPD untuk menyambut tradisi tahunan ini. DPR selaku tuan rumah menyajikan suasana yang berbeda yaitu hiasan bunga berwarna-warni di semua sudut Komplek Parlemen termasuk di Gedung Nusantara tempat sidang berlangsung.

"Warna warni bunga menggambarkan pluralisme tapi tetap yang dominan merah putih. Ini menandakan keberagaman bangsa ini," kata Ketua DPR Ade Komarudin saat meninjau gladi bersih, Senin (15/8) kemarin.

"Besok suasananya sederhana dan mudah-mudahan khidmat," sambungnya.


(imk/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed