DetikNews
Sabtu 13 Agustus 2016, 11:41 WIB

Istana Gelar Latihan Persiapan Peringatan HUT ke-71 Kemerdekaan RI

Ray Jordan - detikNews
Istana Gelar Latihan Persiapan Peringatan HUT ke-71 Kemerdekaan RI Foto: Ray Jordan
Jakarta - Pihak Istana Kepresidenan hari ini menggelar kegiatan gladi kotor atau latihan persiapan peringatan HUT ke-71 Kemerdekaan RI.

Kegiatan dimulai sejak pukul 09.30 WIB, Sabtu (13/8/2016) di Halaman Gedung Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat. Kegiatan ini dihadiri oleh Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. Di tengah lapangan Istana Merdeka, berbaris rapi pasukan dari TNI AU dan Polri.

Proses dimulai dari awal, dengan masuknya komandan upacara ke tengah lapangan. Kegiatan ini dilakukan sama persis dengan upacara sesungguhnya pada 17 Agustus nanti.

Inspektur Upacara yakni Presiden Joko Widodo dilakoni oleh peran pengganti masuk ke podium kehormatan. Begitu juga dengan pembaca teks Proklamasi yang nantinya akan dibacakan oleh Ketua DPD RI Irman Gusman. Untuk pengibaran Bendera Pusaka Merah Putih, dilakukan langsung oleh Paskibraka 2016 yang berjumlah
68 orang, yang terdiri dari 34 putra dan 34 putri, yang berasal dari 34 provinsi.

Paskibraka masuk dari sisi kanan gedung Istana Merdeka. Bebaris rapi dan sigap berjalan menuju ke hadapan Presiden Jokowi yang berdiri tepat di depan Gedung Istana Merdeka menghadap ke arah selatan.

Paskibraka kemudian mengambil bendera Pusaka Merah Putih langsung dari tangan Presiden Jokowi lalu bergerak menuju tiang bendera untuk dikibarkan. Kegiatan pengibaran bendera yang diiringi lagu Indonesia Raya oleh marching band Paspampres ini berjalan lancar. Bendera bertuliskan 'latihan' berwarna kuning dan hijau itu berkibar di puncak tiang dengan sempurna.

Prosesi upacara ini diakhiri dengan pembacaan doa oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang dilakoni oleh peran pengganti.

Yang menarik, nantinya akan ada pertunjukan formasi pesawat tempur TNI AU yang terdiri dari F16 dan Sukhoi. Ada 7 pesawat yang melintas di udara dari belakang Gedung Istana Merdeka menuju selatan. Salah seorang pilot pesawat kemudian mengucapkan selamat langsung dari kokpit pesawat tempur. Kegiatan ini dilakukan langsung pada latihan kali ini.

"Kami elang-elang muda Indonesia, mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo dan Dirgahayu Indonesia," ucap pilot dari kokpit yang kemudian melintas di udara Gedung Istana Merdeka.

Hingga pukul 10.45 WIB, prosesi gladi kotor ini masih berlangsung. Rencananya besok akan kembali dilakukan kegiatan yang sama. Sedangkan untuk gladi bersihnya akan dilaksanakan pada 15 Agustus 2016.
(jor/dra)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed