Jokowi: Reshuffle untuk Penguatan Kinerja Kabinet

Reshuffle Kabinet Jilid II

Jokowi: Reshuffle untuk Penguatan Kinerja Kabinet

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Rabu, 27 Jul 2016 11:30 WIB
Foto: M Iqbal/detikcom
Foto: M Iqbal/detikcom
Jakarta - Presiden Jokowi mengumumkan reshuffle kabinet jilid dua. Presiden menegaskan reshuffle diarahkan untuk penguatan kinerja kabinet.

"Saya tegaskan reshuffle ini untuk penguatan kinerja kabinet," kata Presiden Jokowi dalam konferensi pers pengumuman reshuffle kabinet di Istana Negara, Rabu (27/7/2016). Jokowi didampingi Wapres JK, Mensesneg Pratikno, dan Seskab Pramono Anung.

Jokowi juga memaparkan pertimbangan dilakukan reshuffle kabinet. Antara lain tantangan global yang harus direspons lebih cepat tanggap.

"Kita harus memperkuat ekonomi nasional untuk menghadapi tantangan ekonomi global dan sekaligus dalam persaingan dan kompetisi global," kata Jokowi.

Jokowi mewanti-wanti agar kabinet yang baru bekerja lebih keras lagi menyejahterakan rakyat. Reshuffle kabinet diarahkan untuk penguatan kinerja pemerintahan.

"Kita harus membuka lapangan kerja seluas-luasnya untuk rakyat, untuk mengurangi pengangguran, meningkatkan kesejahteraan rakyat. Saya menyadari tantangan terus berubah dan menghadapi kecepatan kita dalam bertindak, kecepatan kita dalam memutuskan, kita harus bertindak yang langsung dirasakan oleh rakyat yang langsung dinikmati oleh rakyat dalam jangka pendek dan panjang," kata Jokowi yang mengenakan setelan jas hitam.

Jokowi berharap kabinet baru dapat bekerja lebih cepat, progresif dan solid. "Agar kabinet kerja bisa lebih cepat, progresif, bekerja dalam tim yang solid, dan saling mendukung dalam waktu yang secepat-cepatnya. Atas pertimbangan ini Presiden dan Wapres memutuskan perombakan kabinet yang kedua," katanya.

(van/nrl)