DetikNews
Sabtu 25 Juni 2016, 18:16 WIB

Menkes: Vaksin Ulang Bayi yang Disuntik Vaksin Palsu Gratis

Niken Widya Yunita - detikNews
Menkes: Vaksin Ulang Bayi yang Disuntik Vaksin Palsu Gratis Foto: Menkes Nila Moeloek (Ferdinan/detikcom)
Jakarta - Menkes Nila F Moeloek mengimbau ibu yang bayinya disuntik vaksin palsu untuk mengulang pemberian vaksin. Bahkan pemberian vaksin ulang gratis.

"Kami memberikan gratis (vaksin) baik yang ulang atau yang normal. Ini program pemerintah," ujar Nila dalam pesan singkat kepada detikcom, Sabtu (25/6/2016).

Sebelumnya dalam jumpa pers di Kemenkes Jumat (24/5/2016) kemarin, Nila juga mengimbau ibu yang bayinya disuntik vaksin palsu untuk melapor ke dinas kesehatan setempat. Nantinya bayi-bayi tersebut akan disuntik vaksin lagi agar mendapat imunisasi lengkap.

Terbongkarnya vaksin palsu ini diungkap oleh Direktur Tipid Eksus Bareskrim Polri Brigjen Agung Setya dalam rilis pada Kamis (23/6/2016). Menurutnya pelaku membuat vaksin palsu sejak 2003. Cara membuatnya yakni dengan mencampur cairan infus dengan vaksin tetanus dan hasilnya vaksin untuk hepatitis, BCG dan campak.

Pelaku menjual vaksin palsu dengan harga lebih murah Rp 200 ribu-400 ribu dibanding vaksin asli. Pelaku yang berjumlah 12 orang itu dikenakan UU Kesehatan maupun UU Perlindungan Konsumen dengan ancaman maksimal 15 tahun penjara.


(nwy/trw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed