detikNews
Sabtu 21 Mei 2016, 12:44 WIB

DPR Akan Panggil Kemenhub, Lion Air dan Air Asia Pekan Depan

Rina Atriana - detikNews
DPR Akan Panggil Kemenhub, Lion Air dan Air Asia Pekan Depan Foto: Rina Atriana/detikcom
FOKUS BERITA: Lion Air Delay Sebulan
Jakarta - Komisi V DPR RI menyoroti permasalahan yang belakangan terjadi di industri penerbangan Indonesia. Komisi V DPR akan memanggil Kementerian Perhubungan dan seluruh maskapai di Indonesia untuk rapat di DPR pekan depan.

"Selasa atau Rabu ini kita panggil. Kementerian Perhubungan, Lion Air, Air Asia dan maskapai-maskapai lain akan kita panggil," kata Anggota Komisi V DPR Fauzih Amri usai diskusi 'Ada Apa dengan Bandara Kita?' di Gado Gado Boplo, Jalan Gereja Teresia, Jakarta Pusat, Sabtu (21/5/2016).

Fauzih mengatakan, materi yang akan dibahas di rapat kerja tersebut terutama mengenai banyaknya kesalahan di industri penerbangan. Misalnya saja terkait ground handling, juga termasuk kenapa ada pilot-pilot yang mogok karena gaji tak dibayar, dan sebagainya.

"Seluruhnya (akan kita bahas), kenapa bisa terjadi. Kan aturannya sudah jelas, SOP sudah ada, bagaimana caranya agar kejadian ini tak terulang lagi," ujar Fauzih.

Terkait gugatan Lion Air ke Bareskrim Polri terhadap Kemhub, Fauzih menilai itu hal yang wajar. Di sisi lain, ia sangat mendukung sanksi yang diberikan kepada Lion Air sejauh ini.

"Kami sangat mendukung sanksi yang diberikan oleh Kementerian Perhubungan. Kita mendorong agar sanksi ini bisa memberikan efek jera. Pembekuan ini kan sementara waktu, lebih baik kepentingan kita menyelamatkan orang banyak, daripada memberikan izin itu," tutur Fauzih.
(rna/tor)
FOKUS BERITA: Lion Air Delay Sebulan
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com