DetikNews
Kamis 05 Mei 2016, 15:31 WIB

PKS-Gerindra Siap Koalisi Lahirkan Penakluk Ahok

Danu Damarjati - detikNews
PKS-Gerindra Siap Koalisi Lahirkan Penakluk Ahok Foto: Ari Saputra
Jakarta - Pemilu Gubernur DKI 2017 semakin dekat. Kini pengurus Partai Gerindra dan PKS di Jakarta ingin berkoalisi menyongsong Pilgub DKI 2017. Siapa cagub yang akan mereka usung untuk menyaingi petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)?

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah PKS Syakir Purnomo menjelaskan kepada detikcom, Kamis (5/5/2016), pihaknya telah bertemu dengan Dewan Pimpinan Daerah Partai Gerindra DKI untuk merencanakan koalisi pada Rabu (4/5) kemarin.

"Potensi koalisi Insya Allah besar. Kami akan sampaikan ke Dewan Pimpinan Pusat masing-masing," kata Syakir.

Memang keputusan koalisi ini akan diambil oleh Dewan Pimpinan Pusat. Namun setidaknya, PKS dan Gerindra DKI sudah berusaha menjadi mitra koalisi. Diyakini, koalisi ini bakal direstui pengurus tingkat pusat.

"Kami berikhtiar di tingkat wilayah," kata Syakir.

PKS ingin koalisi tak hanya sebatas dengan Gerindra, namun juga dengan partai-partai lain. Dengan demikian, koalisi akan lebih luas dan kuat. Semua partai berpotensi untuk diajak koalisi melahirkan penakluk Ahok, kecuali Partai NasDem dan Hanura.

"Yang potensinya kecil adalah yang sudah mendukung kandidat independen (NasDem dan Hanura -red)," kata Syakir.

Dalam pertemuan Rabu (4/5) kemarin, perwakilan dari Gerindra antara lain Ketua DPD Gerindra Mohammad Taufik dan Ketua Tim Penjaringan Cagub DKI Syarif. Dari PKS, yang hadir antara lain adalah Syakir dan dan Ketua Dewan Syariah Wilayah PKS DKI Abdurrahman Suhaimi.


(dnu/van)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed