DetikNews
Senin 25 April 2016, 19:28 WIB

Ini Pesan Ahok untuk Pengurus Dewan Kesenian Jakarta 2015-2018

Khairul Imam Ghozali - detikNews
Ini Pesan Ahok untuk Pengurus Dewan Kesenian Jakarta 2015-2018 Foto: Khairul Imam Ghozali
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengukuhkan pengurus Dewan Kesenian Jakarta (DKJ). Dalam sambutannya, Ahok menegaskan dukungannya untuk kegiatan seni di Jakarta.

Acara pengukuhan pengurus DKJ 2015-2018 digelar di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (25/4/2016). Ada 25 pengurus DKJ yang hadir, di antaranya adalah gitaris grup band POTRET yang juga suami artis Melly Goeslaw, Anto Hoed, dan mantan drummer grup band DEWA 19 Wong Aksan.

Ahok memberi sambutan di acara tersebut. Dalam pidaatonya, Ahok menegaskan dukungannya terhadap kegiatan kesenian di Jakarta. Namun, penggunaan anggarannya harus jelas.

"Seniman adalah orang yang punya idealisme, tapi karena uangnya dikontrol oleh oknum-oknum korup, yang kita bina malahan sesuatu yang tidak beprestasi," kata Ahok dalam acara tersebut.

Daftar pengurus DKJ 2015-2018 (Imam/detikcom)

Ahok mengatakan, berdasarkan pengalamannya jadi pejabat, jika ingin mencari prestasi seni yang semu, maka sangat mudah. Ahok menuturkan banyak sekali perlombaan yang hanya dengan mendaftar, maka pendaftarnya jadi nominasi peraih penghargaan. Ahok tak mau seperti itu.

"Di seluruh dunia itu, banyak banget EO atau LSM membuat perlombaan-perlombaan asal kita mendaftar saja langsung di kategorikan top nominasi award. Kita yang mendaftar bukan dia yang mencari kita, langsung masuk nominasi award langsung ada undangan ke saya untuk menghadiri perlombaan nominasi award. Nah, ini maksud saya Dewan Kesenian Jakarta untuk memfilter," ujar mantan Bupati Belitung Timur ini.

Ahok berharap DKJ bisa jadi lembaga filter agar tak ada perlombaan seni abal-abal. Pemprov DKI siap memberi bantuan dana, asal jelas peruntukannya.

Anto Hoed (Imam/detikcom)

Anto Hoed yang diwawancara usai acara pengukuhan menyambut baik antusiasme Ahok. Dia berharap kesenian di Ibu Kota makin maju.

"Yang pasti kita berharap lebih baik, karena ini terbuka ya, artinya terbuka semua, terbuka transparansi. Jadi yang mengerjakan adalah seniman. Dan udah nggak ada lagi EO atau yang disebut tadi lainnya, jadi semua jelas," ujar Anto.


(tor/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed