DetikNews
Senin 18 April 2016, 19:52 WIB

Ini Alasan Ratna Sarumpaet Tak Lagi Dukung Ahok

Ray Jordan - detikNews
Ini Alasan Ratna Sarumpaet Tak Lagi Dukung Ahok Foto: Bisma/detikcom
Jakarta - Hubungan antara aktivis Ratna Sarumpaet dengan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) pernah harmonis. Namun belakangan, hubungan dua orang itu terkesan panas.

Apa sebabnya?

Ratna Sarumpaet pun bercerita soal hubungan dia dengan Ahok. Dulu, dia merupakan salah satu pendukung dan relawan Jokowi-Ahok pada Pilgub DKI 2013 lalu.

"Dulu dia datang ke rumah saya, dia minta dukungan saya waktu dia masih ngumpulin KTP. Sebelum ketemu Jokowi dan saya orang yang langsung salam dia justru karena dia minoritas," kata Ratna saat ditemui wartawan di Gedung DPRD DKI, Jl Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (18/4/2016).

Saat awal-awal hubungan mereka, Ratna menegaskan dukungannya untuk Ahok.  "Saya bilang, Indonesia harus belajar menerima pemimpin tidak dari latar belakang agama atau etnis," katanya.

Namun, belakngan Ratna merasakan apa yang dilakukan Ahok tidak sesuai dengan pandangannya. Terutama terkait masalah relokasi kawasan Kampung Pulo, Jakarta Timur.

"Enggak lama memerintah, malah urusan agama saya diacak-acak. Soal kurban lah dicampuri, dan itu saya mulai terganggu. Tetapi yang paling mengganggu saya adalah kekerasan di Kampung Pulo," cerita Ratna.

"Dan sejak itu pula dia merasa bahwa aku adalah musuhnya. Biarin saja, tetap saja itu tidak akan menghentikan saya melawan kekerasan yang dia buat," tambah Ratna yang kedatangannya ke Gedung DPRD DKI untuk mengadukan masalah penertiban kawasan Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara.


(jor/dra)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed