DetikNews
Sabtu 16 April 2016, 10:21 WIB

TPM Benarkan Baasyir Dipindahkan ke Gunung Sindur tapi Tidak Tahu Alasannya

Muchus Budi R, Dhani Irawan - detikNews
TPM Benarkan Baasyir Dipindahkan ke Gunung Sindur tapi Tidak Tahu Alasannya Abu Bakar Baasyir di LP Pasir Putih, Nusakambangan, beberapa waktu lalu (Foto: istimewa)
Jakarta - Tim Pembela Muslim (TPM) sudah menerima kabar Abu Bakar Baasyir dipindahkan dari LP Pasir Putih, Nusakambangan ke LP Gunung Sindur, Bogor. Namun mereka tidak tahu alasan pemindahan itu.

"Baru saja dicall sama Kalapas Pasir Putih," kata Ketua Dewan Pembina TPM, Mahendratta, kepada detikcom, Sabtu (16/4/2016) pada pukul 10.00 WIB. Pernyataan ini disampaikan saat detikcom bertanya apakah TPM sudah diberitahu soal rencana pemindahan Baasyir.

"Dipindah ke Gn Sindur katanya. Kami disarankan menjenguk hari Senin," tambah Mahendradatta.

Soal alasan pemindahan, Mahendradatta mengatakan tidak tahu. "Tanpa alasan," jelas pria berkacamata ini.

Kabar rencana pemindahan Baasyir beredar sejak pagi. Keluarga mengaku belum diberitahu. "Kita malah tahunya dari media. Kalaupun benar akan dipindahkan, kami juga bingung akan dipindah ke mana," ujar putra Baasyir, Abdul Rochim Baasyir atau akrab disapa Iim, saat dihubungi secara terpisah.

Iim megaku pada hari Rabu lalu dirinya menjenguk ayahnya ke LP Pasir Putih Nusakambangan. Kepada Iim, saat itu Baasyir juga tidak menceritakan tentang kabar bahwa dalam waktu dekat dia akan dipindahkan ke LP Gunung Sindur. Iim menduga kemungkinan ayahnya saat itu juga belum mengetahui jika akan dipindahkan.

Pagi ini, kesibukan terlihat di Dermaga Wijayapura, lokasi penyeberangan dari Pulau Nusakambangan ke Cilacap. Puluhan Brimob berjaga. Kemungkinan, Baasyir akan dipindahkan melalui jalur udara, yakni dari Bandara Tunggul Wulung Cilacap ke Pondok Cabe, Jakarta. Pihak LP maupun Kemenkum HAM belum memberikan keterangan resmi terkait pemindahan ini.
(mbr/trw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed