DetikNews
Sabtu 16 Apr 2016, 03:26 WIB

Polisi Selidiki Pelaku Hipnotis di Cikini

Nur Khafifah - detikNews
Polisi Selidiki Pelaku Hipnotis di Cikini Foto: Bisma Alief
Jakarta -
Kapolsek Menteng Kompol Ronald Purba mengaku belum mendapat laporan adanya aksi hipnotis di dekat bioskop Metropole dan restoran cepat saji KFC Cikini, Jakarta Pusat. Namun pihaknya saat ini tengah mendalami aksi kejahatan tersebut.

"Masih kami dalami. Kami lakukan pemantauan di lapangan," kata Ronald saat dikonfirmasi detikcom, Jumat (15/4/2016).

Termasuk aksi hipnotis di kawasan Jalan Raden Saleh, menurut Ronald, belum ada korban yang melapor. Ia mengimbau agar masyarakat yang menjadi korban kejahatan segera melapor ke pihak kepolisian untuk didalami.

Ronald juga mengimbau agar masyarakat berhati-hati dengan orang yang tak dikenal. Masyarakat diminta untuk tidak langsung percaya dengan orang baru.

"Kami imbau masyarakat agar hati-hati dan menjaga barang berharganya dengan baik. Jangan mengenakan perhiasan yang terlalu mencolok di depan umum," ujar Ronald.

Dalam beberapa bulan terakhir, kejahatan dengan modus hipnotis berulangkali terjadi di kawasan Megaria-Jl Raden Saleh-Cikini. Pelaku banyak menyasar perempuan, sementara barang yang diambil rata-rata uang dan ponsel. Namun tukang ojek dan pedagang kue cubit juga pernah menjadi korban hipnotis. Uang hasil kerja mereka seharian ludes begitu saja tanpa mereka sadari.

Biasanya pelaku menepuk pundak korban. Setelah itu korban kehilangan kendali atas dirinya dan menyerahkan barang-barang berharga yang mereka miliki. Pelaku kemudian meninggalkan korban dalam kondisi masih bingung. Biasanya para korban sadar telah dihipnotis setelah berinteraksi dengan orang lain.
(kff/dhn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed