DetikNews
Jumat 08 April 2016, 12:17 WIB

Singgung Borosnya Belanja Daerah, Jokowi: Beli Mebel Produk Lokal Saja

Ray Jordan - detikNews
Singgung Borosnya Belanja Daerah, Jokowi: Beli Mebel Produk Lokal Saja Ilustrasi/Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla (Foto: Agung Pambudhy-detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo hari ini mengumpulkan ratusan kepala daerah se-Indonesia di Istana Negara, Jakarta Pusat. Jokowi menyindir pemborosan anggaran yang banyak terjadi di daerah.

Jokowi mengatakan, di dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), banyak anggaran dialokasikan ke belanja barang yang bukan prirotas. Akibatnya terjadi pemborosan yang berdampak pada lambatnya pembangunan.

Jokowi mencontohkan belanja perabotan (mebel) untuk kantor pemerintahan di daerah. Saat ini masih banyak ditemukan produk yang berasal dari luar negeri dengan harga yang sangat mahal. Padahal, produk lokal tidak kalah bagus dengan produk luar dan harganya jauh lebih murah.

"Kita ini kalau mau beli mebel, melimpah ruah produksi dalam negeri. Eh, malah beli yang dari Italia. Apanya sih yang mau dicari? Brandednya? Jangan lah. Beli produk-produk sendiri yang jauh lebih baik dari barang-barang itu, banyak sekali," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat (8/4/2016).

Jokowi mengatakan, dirinya bisa dilibatkan bila ada yang ingin membeli perabotan. Namun ditegaskan Jokowi, yang membeli harus untuk keperluan pribadi, bukan menggunakan uang APBD/APBN.

"Kalau untuk mebel tanya ke saya belinya di mana. Saya tunjukkan yang lebih baik dari Italia, dari buatan Prancis, dari negara manapun, asal duitnya ada saja. Tapi jangan pakai APBN, APBD, kalau mau untuk pribadi maksud saya," kata Jokowi.

"Kalau mau yang dari APBD, mebelnya sudah lah, yang standar. Kita duduki juga saman empuknya. Kita sudah tidak butuh yang wah-wah sekarang ini," kata Jokowi.


(rjo/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed