DetikNews
Senin 04 April 2016, 18:43 WIB

Mendikbud: Hari Pertama UN Berbasis Komputer Lancar Tanpa Kendala

Aditya Fajar Indrawan - detikNews
Mendikbud: Hari Pertama UN Berbasis Komputer Lancar Tanpa Kendala Anies Baswedan (Foto: Bagus PN/detikcom)
Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengatakan, pelaksanaan hari pertama penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) berjalan lancar.

Hal ini disampaikan Anies Baswedan di kantor Kemendikbud usai memantau penyelenggaraan UN di Surabaya, Senin (4/4/2016). Pelaksanaan UN tahun ini menurut Anies bahkan bisa memberikan efek positif bagi siswa tetapi juga para guru. Bahkan pelaksanaan UN tahun ini dianggap lebih baik dibanding tahun sebelumnya.

"Pelaksanaan UN tahun ini terasa sangat berbeda dan lebih tenang, seperti di Surabaya betapa tenangnya dan suasana pelaksanaan UN. Secara keamanan juga tidak menjadi masalah. Para guru tidak lagi harus pergi ke sub rayon sejak pagi untuk mengambil soal, sehingga bisa langsung datang dan siap di sekolah," ujar Anies.

"Alhamdulillah baik dalam negeri maupun luar negeri pelaksanaan UN berjalan dengan baik dan lancar. Meski sempat mengalami beberapa problem karena gangguan server tapi bisa segera di atasi dan server berjalan dengan baik. Hubungan siswa dan guru pun terbangun dengan baik," sambung Anies.

Anies tak menampik bila nanti pelaksanaan UN berbasis komputer akan menemui kendala. Namun secara umum hal tersebut dinilai Anies masih bersifat insidentil.

"3.397 sekolah yang melaksanakan UN berbasis komputer, dan hari ini secara proporsi semua terlaksana secara sempurna. Memang secara umum masih ada beberapa problem kecil, seperti gangguan server tapi itu bersifat insidensil, bukan bersifat sistem," lanjut Anies.

Anies lantas mengapresiasi kinerja PLN dan Telkom yang mendukung terlaksananya UN dengan baik. "Saya berikan apresiasi kepada PLN karena jika tidak bekerja dengan serius mungkin supply listrik untuk pelaksanaan ujian yang menggunakan komputer akan terganggu. Begitu juga Telkom yang mendukung kelancara proses trasnfer data dengan stabil," imbuhnya.

"Dunia boleh kagum dan belajar di Indonesia, karena untuk ukuran penerapan ujian berbasis komputer yang kita lakukan secara masif serta berjalan lancar, tanpa kendala," ujar Anies.
(adit/fdn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed