detikNews
Sabtu 02 April 2016, 10:18 WIB

Suap Raperda Reklamasi

M Sanusi Dicokok KPK, Prabowo: Gerindra Tegas Melarang Anggota Korupsi!

Niken Widya Yunita - detikNews
M Sanusi Dicokok KPK, Prabowo: Gerindra Tegas Melarang Anggota Korupsi! Prabowo Subianto (Foto: Rengga Sancaya/detikcom)
FOKUS BERITA: Sidang Suap Reklamasi
Jakarta - Anggota DPRD M Sanusi yang dicokok KPK merupakan kader Gerindra. Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan tegas melarang anggotanya untuk korupsi.

Sanusi Mengenakan Baju Tahanan KPK (Dhani Irawan/detikcom)

Ucapan Prabowo ini ditulis melalui akun resmi Facebook Prabowo Subianto. Berikut pernyataan Prabowo tersebut, Sabtu (2/4/2016):

Assalamualaikum Wr. Wb. Shalom. Om Swastiastu. Namo Buddhaya.

Sejak awal sikap Partai Gerindra sangat jelas. Partai Gerindra menentang dan dengan tegas melarang anggotanya untuk terlibat dalam tindakan apapun yang sifatnya melawan hukum, melanggar Undang-undang dan Konstitusi, apalagi korupsi.

Bila ada anggota Partai Gerindra yang menduduki jabatan eksekutif atau legislatif dan kemudian terbukti melakukan perbuatan melawan hukum, maka dia harus bertanggung jawab penuh terhadap perbuatan yang dilakukannya.

Kendati demikian, Partai Gerindra memegang prinsip asas praduga tak bersalah dan berharap agar proses hukum dapat berjalan dengan baik dan adil. Walaupun ada proses hukum yang berjalan, Partai Gerindra juga memiliki mekanisme internal partai untuk menegakkan, menjunjung tinggi aturan, disiplin, kehormatan partai, menjaga kemurnian, cita-cita dan ideologi partai.

Prabowo Bicara Kader Korupsi (Facebook Prabowo)


Sanusi ditangkap KPK pada Kamis (31/3/2016) malam. Sebuah mobil Jaguar hitam bernopol B 123 RX juga ikut diamankan. Menurut Ketua KPK, Agus Rahardjo, Sanusi mendapat suap dari PT Agung Podomoro Land (APL) senilai Rp 2,14 miliar. Penyuapan itu terkait Raperda tentang Zonasi wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil Provinsi Jakarta 2015-2035. Selain Sanusi, KPK juga menetapkan Presdir PT APL Ariesman Widjaja sebagai tersangka. Ariesman kemudian menyerahkan diri pada Jumat (1/4/2016) malam setelah sempat bersembunyi di kantornya.

Presdir PT APL Ariesman Widjaja saat menyerahkan diri ke KPK (Hasan/detikcom)

(nwy/fjp)
FOKUS BERITA: Sidang Suap Reklamasi
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com