detikNews
Sabtu 20 Februari 2016, 13:40 WIB

Kenapa Lion Air yang Overrun di Juanda Berwarna Biru?

Rivki - detikNews
Kenapa Lion Air yang Overrun di Juanda Berwarna Biru? Foto: Ninik
Jakarta - Pesawat Lion Air yang mengalami overrun di Bandara Juanda memiliki adalah pesawat jenis Boeing 737-900 ER yang pertama kali dibeli Lion Air. Karena itu pesawat perdana, maka warna pesawat tersebut berwarna biru berbeda dengan pesawat Lion Air pada umumnya yang berwarna merah putih.

"Jadi itu warna pesawatnya biru karena itu merupakan pesawat 737-900 ER yang pertama kali didatangkan Boeing ke Indonesia," ucap Humas Lion Air, Andi Salahudin, saat dikonfirmasi detikcom, Sabtu (20/2/2016).

Karena pesawat itu merupakan pesawat perdana, pesawat tersebut tidak diberi warna seperti pesawat Lion Air pada umumnya. "Karena ini pesawat perdana, Boeing memberi peraturan pesawat perdana harus mengikuti warna cat dari Boeing," ujarnya.



Andi mengatakan, pesawat tersebut tergolong pesawat baru. Andi menambahkan, pesawat tersebut layak terbang sebelum mengalami overrun.

"Kondisi pesawat tersebut layak terbang, mengenai penyebab dia overrun masih diperiksa oleh tim termasuk KNKT," ucap Andi.

Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 11.40 WIB. Pada pukul 12.45 WIB, pesawat tersebut berhasil dievakuasi dan sudah dikembalikan ke parkirannya. Seluruh penumpang selamat dalam peristiwa ini.

Berdasarkan situs wikipedia, Boeing 737-900 ER memang pertama kali dipakai di dunia komersial oleh Lion Air. Pesawat ini dibuat pada tahun 2006 dan dioperasikan setahun berikutnya. Penggunanya adalah Lion Air.
(rvk/try)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com