DetikNews
Jumat 19 Februari 2016, 18:55 WIB

Ahok: Relokasi Warga Bukit Duri Dipindah dari Rusun Pulogebang ke Rawa Bebek

Ayunda Windyastuti Savitri - detikNews
Ahok: Relokasi Warga Bukit Duri Dipindah dari Rusun Pulogebang ke Rawa Bebek Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Sebanyak 111 warga Kalijodo yang berada di zona Jakarta Barat telah mendaftar untuk direlokasi ke rumah susun (rusun). Bahkan, 37 di antaranya sudah diangkut ke Rusun Pulogebang, Jakarta Timur.

Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok) menyebut pihaknya memang menyediakan dua rusun untuk menampung warga pindahan Kalijodo, yakni Rusun Marunda di Jakarta Utara dan Rusun Pulogebang di Jakarta Timur. Ahok menceritakan, semula Rusun Pulogebang diperuntukkan bagi warga relokasi warga Bukit Duri.

"Ya di mana yang kosong, kita mau masukin saja. Dulu kan yang Bukit Duri mau kita pindahin ke Pulogebang," ujar Ahok di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (19/2/2016).

Awalnya, warga Bukit Duri memang direlokasi ke Rusun Pulogebang. Akan tetapi dikarenakan belum adanya titik temu dengan warga permukiman di bantaran Sungai Ciliwung yang meminta ganti rugi, maka rencana tersebut dibatalkan.

Warga Bukit Duri nantinya direlokasi ke Rusun Rawabebek, Cakung, Jakarta Timur yang masih dalam proses pembangunan. Ahok menyebut setelah Rusun Rawa Bebek jadi, maka warga Bukit Duri bisa menempatinya.

"Sekarang karena ini (penertiban Kalijodo) duluan, Bukit Duri enggak bisa. Toh beberapa bulan lagi sudah jadi yang di Rawa Bebek. Jadi nanti Bukit Duri ke Rawa Bebek," terangnya.

Rusun Rawa Bebek dibangun oleh PT Summarecon Agung Tbk sebagai bentuk kewajiban perusahaan atau kompensasi kepada Pemprov DKI atas kenaikan nilai Koefisien Luas Bangunan (KLB). Rusun yang terdiri dari empat blok dengan 6 lantai itu dibangun sejak September 2014.

Pembangunan proyek yang diresmikan oleh Joko Widodo saat menjadi DKI-1 kala itu ditargetkan rampung pada September 2015. Nantinya, seluruh pengelolaan ini diserahkan kepada Pemprov DKI.

Rusun tersebut dibangun tepat di pinggir Banjir Kanal Timur (BKT). Setiap lantai hunian terdiri dari 20 unit kamar dengan total seluruh blok sebanyak 400 unit. Rusun Rawa Bebek dibangun di atas lahan seluas 176.448 meter persegi milik Pemprov DKI.

Sebelumnya, Ahok juga sempat mengungkapkan berniat menertibkan 92 rumah di Bukit Duri untuk pemasangan dinding turap (sheet pile) sepanjang 250 meter. Ahok mengatakan, ada kemungkinan warga pindah ke Rusun Cipinang Besar Selatan (Cibesel).
(aws/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed