DetikNews
Minggu 14 Feb 2016, 04:16 WIB

Di Depan Ratusan Pak RT di Sidoarjo, Gus Ipul Luncurkan Aplikasi 'Tetangga'

Budi Sugiharto - detikNews
Di Depan Ratusan Pak RT di Sidoarjo, Gus Ipul Luncurkan Aplikasi Tetangga Gus Ipul (Foto: Yakub Mulyono)
Surabaya - 'Gerakan Peduli Tetangga' diluncurkan oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf atau Gus Ipul. Program ini dirupakan dalam bentuk aplikasi bermodel jejaring sosial.

Lahirnya aplikasi tersebut sebagai jawaban atas kegelisahan yang dirasakan bahwa tingkat kepedulian masyarakat terhadap lingkungan sekitar mulai memudar.

Peluncuran Gerakan Peduli Tetangga ini digelar di Sun City Hotel, Sidoarjo, Sabtu (13/2/2016) malam. 1500 Orang yang diundang terdiri dari Ketua RT/RW se Kecamatan Kota, Lurah dan Camat se Kabupaten Sidoarjo.

Selain itu juga dihadiri Bupati Sidoarjo terpilih Saiful Illah serta komedian Cak Lontong. Gerakan dengan tema 'Gandeng Tangan Jaga Lingkungan' itu nantinya akan diterapkan di 38 Kota/Kabupaten di Jawa Timur.

"Diawali dari Sidoarjo, ini pun hanya RT di satu kecamatan yang kita undang untuk sosialisasi aplikasi dan gerakan ini," kata Gus Ipul.

Gerakan yang berupa aplikasi ini, kata Gus Ipul, didasari rasa kegelisahan dan keprihatinan bahwa kepedulian kepada tetangga atau warga di lingkungan masing-masing mulai terkikis.

"Ambil contoh, warga baru tahu dari televisi jika tetangganya digerebek karena sarang teroris, atau warganya yang kelaparan atau tidak bisa sekolah karena mendadak ramai di media sosial," katanya.

Dengan aplikasi yang bisa diunduh dari playstore dengan keyword 'tetangga', kata Gus Ipul, warga bisa mengetahui apa yang sedang terjadi di lingkungannya masing-masing.

"Bila ada masalah di lingkungan tetangga bisa dideteksi, diatasi dan diselesaikan dengan cepat," kata Gus Ipul.

Untuk sementara aplikasi ini hanya melayani warga yang tinggal di Sidoarjo karena sebagai salah satu kabupaten percontohan. Dan diharapkan nantinya, semua Ketua RT dan RW menjadi admin dari masing-masing lingkungannya.

"Aplikasi program Gerakan Peduli Tetangga ini tidak hanya khusus bagi pengguna smartphone, tetapi juga bisa handphone jadul, telepon rumah ataupun bagi yang sama sekali tidak memiliki telepon. Karena akan ada posko-posko di setiap daerah," katanya.

Untuk melayani warga yang menggunakan telepon rumah namun ingin bergabung menjadi member 'Tetangga', Gus Ipul yang menggagas aplikasi ini bersama pengamat politik Eep Saefullah Fatah telah menggandeng sebuah perusahaan IT untuk menyediakan call center.

"Program pribadi saya ini InsyaAllah akan bermanfaat bagi warga dan pemerintah. Karena ke depannya bisa menjadi i-Sensus dan semua untuk juga untuk Indonesia," kata Gus Ipul yang namanya masuk bursa kandidat Gubernur Jatim ini.

Gus Ipul memastikan sekali lagi jika program yang digalang tersebut untuk membuat komunikasi antarwarga terjalin baik dan informasi tentang masalah di lingkungan terdekat dapat diketahui dan menyebar secara cepat di antara warga.
(gik/rna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed