DetikNews
Rabu 10 Februari 2016, 09:51 WIB

12 Calon Ketum Golkar Ditantang Ikut Uji Publik, Berani?

Indah Mutiara Kami - detikNews
12 Calon Ketum Golkar Ditantang Ikut Uji Publik, Berani? Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Agun Gunandjar disebut menjadi salah satu calon ketum Golkar. Namun, sebelum memutuskan maju, ada beberapa mekanisme yang diminta lebih dahulu dilakukan agar prosesnya demokratis dan rekonsiliatif.

"Hal ini terkait dengan mekanisme pengambilan keputusan DPP yang harus melalui rapat pleno, untuk menetapkan kepanitiaan, kepesertaan, materi, agenda dan tempat munas," kata Agun saat berbincang, Rabu (10/2/2016).

Nantinya, mekanisme pemilihan ketum Golkar harus dipastikan transparan, akuntabel, dan bebas dari politik uang. Ada beberapa cara yang diusulkan Agun, salah satunya terkait uji publik untuk caketum.

"Melibatkan KPK dan ada uji publik melalui debat kandidat atau melalui survei," ucap Ketua DPP Golkar ini.

"Saya kira hal-hal ini dahulu yang menjadi perhatian saya dalam menentukan langkah ke depan sebagai caketum," sambung Agun.

Syarat minimal 30 persen dukungan dari pemilik suara untuk maju sebagai caketum juga dianggap memberatkan. "Sangat menghalangi dan kurang demokratis," imbuhnya.

Menurut Agun, harus ada cara-cara baru untuk memastikan pemilihan Ketum Golkar demokratis. Salah satunya, dukungan diberikan lewat proses di bilik suara.

"Tidak boleh melalui surat pernyaan tertulis dukungan, akan tetapi melalui penggunaan suara di bilik atau kotak suara," ujar politisi asal Jawa Barat ini.

Persaingan menuju kursi ketum Golkar memang sudah mulai panas. Calon-calon maupun timnya sudah mencari dukungan, seperti misalnya Aziz Syamsudin, Setya Novanto, dan Ade Komarudin.

Sebelumnya, disebut ada 11 nama calon yang berpotensi maju sebagai caketum Golkar. Sebelas nama itu adalah Priyo Budi Santoso, Idrus Marham, Roem Kono, Ade Komarudin, Airlangga Hartarto, Mahyudin, Agus Gumiwang, Agun Gunanjar, Gusti Iskandar, Fadel Mummad, dan Indra Bambang Utoyo. Belakangan ada nama eks Ketua DPR Setya Novanto  yang kabarnya juga siap bertarung.
(imk/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed