DetikNews
Senin 01 Februari 2016, 17:54 WIB

Hoax Or Not

Desain Uang Gambar 'Genderuwo' Untuk Tahun 2016?

Dewi Rachmat Kusuma - detikNews
Desain Uang Gambar Genderuwo Untuk Tahun 2016? Foto: Ilustrasi oleh Mindra Purnomo/detikcom
Jakarta -
Isu:
Awal tahun 2016 sempat beredar di media sosial foto uang kertas baru bergambar 'genderuwo'. Uang tersebut merupakan pecahan Rp 10.000 dengan latar belakang bewarna merah, hitam dan hijau.

Uang tersebut dikabarkan akan diterbitkan oleh Bank Indonesia tahun 2016 ini. Beredarnya foto uang tersebut sempat membuat heboh para pengguna Facebook. Mereka ada yang percaya dan ada yang tidak. Bagaimana sebenarnya?


Investigasi:

detikcom menelusuri awal mula foto uang 'genderuwo' beredar di Facebook. Sebagian besar para pengguna memposting foto uang itu pada awal Januari 2016. Hingga hari ini tanggal 1 Februari masih ada beberapa orang yang memposting gambar tersebut.

detikcom bertanya soal kabar uang 'genderuwo' itu kepada Direktur Kantor Gubernur BI Nanang Hendarsah. Hendra mengatakan desain uang 'genderuwo' itu memang pernah dikeluarkan oleh Bank Indonesia, hanya saja sudah lama.

"Itu desain uang tahun 1975 yang dianggap terbaik di Asia bahkan dunia," ucap Nanang kepada detikfinance beberapa waktu lalu.

Uang tersebut bukan bergambar genderuwo tetapi muka relief Ramayana dari Candi Borobudur. Desainnya dirancang oleh almarhum Junalies. Desain ini dianggap terbaik se-Asia karena memiliki corak yang indah, khas dan kental dengan unsur budaya.

Bank Indonesia sudah menarik uang tersebut sejak 2012 lalu dan tidak pernah menerbitkan kembali uang dengan desain serupa.

Kesimpulan:

Uang kertas pecahan Rp 10.000 bergambar 'genderuwo' yang dikabarkan akan diterbitkan Bank Indonesia sebagai uang baru di tahun 2016 adalah tidak benar atau hoax.
(slm/mad)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed