DetikNews
Selasa 15 Desember 2015, 22:04 WIB

Anggota MKD Demokrat Masih Pikir-pikir Soal Putusan Novanto

Yulida Medistiara - detikNews
Anggota MKD Demokrat Masih Pikir-pikir Soal Putusan Novanto Foto: Fuad Hasim
Jakarta - Besok, Rabu (15/12) pukul 13.00 WIB, menjadi hari yang ditunggu masyarakat terkait hasil akhir keputusan Mahkamah Dewan Kehormatan (MKD) di kasus dugaan pelanggaran etik Ketua DPR Setya Novanto. Anggota MKD DPR dari Fraksi Demokrat Guntur Sasono masih memikirkan keputusan apa yang akan diambil.

"Ini sih ngobrol-ngobrol sama teman-teman. Nurani yang kita pertaruhkan antara kebenaran, antara alat bukti, antara memikirkan rakyat banyak yang sudah begitu demikian gemuruh. Ya malam ini lah istiqaroh," kata Guntur ketika dihubungi detikcom lewat telepon, Selasa (15/12/2015).

Guntur belum bisa menjawab terkait keputusan MKD tentang skandal 'papa minta saham' ini. Dia hanya berkata besok pukul 13.00 WIB akan diumumkan hasilnya.

"Itu yang saya bilang istiqaroh malam ini. Berpikir secara nurani, berpikir kejernihan, berpikir dukungan alat bukti, berpikir masyarakat yang demikian memperhatikan. Nanti keputusannya ikut petunjuk Tuhan yang baik. Masih besok jam 13.00," kata Guntur.

Pelanggaran etik yang diduga dilakukan Ketua DPR Setya Novanto atas pertemuannya dengan taipan minyak Reza Chalid dan Presdir PT Freeport Indonesia Maroef Syamsoeddin ini bisa memperoleh tiga sanksi. Tiga sanksi itu misalnya ringan, sedang, dan berat.

"Kalau (sanksi) ringan sudah dua kali berarti sedang. Kalau sudah ringan tambah sedang sudah ya berat, misal kemarin ringan (sanksinya), sekarang ringan. Itu otomatis sesuai tata beracara hukumannya menjadi sedang," papar Guntur.

"Nanti lah kita pikiri-pikir dulu yang menyangkut nama orang, yang menyangkut masa depan Indonesia, kita pikir jernih," tutup Guntur seraya tertawa.


(rvk/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed