DetikNews
Kamis 10 Desember 2015, 00:41 WIB

Mendagri Tjahjo: Partisipasi Masyarakat di Pilkada Serentak Menggembirakan

Yulida Medistiara - detikNews
Mendagri Tjahjo: Partisipasi Masyarakat di Pilkada Serentak Menggembirakan Mendagri Tjahjo Kumolo (Foto: Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Gelaran Pilkada Serentak 2015 dinilai Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo disambut antusiasme masyarakat. Tjahjo menyebut partisipasi warga menembus 70 persen lebih.

"Partisipasi masyarakat ternyata menggembirakan ya. Di atas 70 persen," kata Tjahjo usai menghadiri penghargaan Tahir Foundation di Dian Ballroom, Hotel Raffles, Jl Prof Dr Satrio, Jakarta Selatan, Rabu (9/12/2015).

Tjahjo juga mengaku bahwa konflik di daerah tak terlalu mencolok. Pun kalau ada perselisihan, Tjahjo menegaskan revisi Undang-undang demi kepastian hukum

"Konflik juga tidak terjadi walaupun ada keputusan hukum yang harus kita ikuti walaupun ada 4 tertunda sehingga sampai 4-21 hari. Yang perlu disiapkan tahun depan harus merevisi UU sebuah kepastian kalau terjadi sengketa hukum. Itu kan Bawaslu juga ada, Mahkamah Agung, MK juga ada. Jadi perlu ada keputusan yang lebih simpel sehingga proses demokrasi ini dalam rangka membangun pemerintahan ini ia diperoleh sebagai nama," papar Tjahjo.

Lebih lanjut lagi, Tjahjo menyebut pemerintah berperan aktif untuk menggerakkan pilkada serentak agar sukses. Dia berharap para kepala daerah yang terpilih dapat menjalankan tugasnya dengan baik.

"Pemerintah dan semua pihak kritis yang cukup keras dari pengamat media terutama mampu menggerakan kita semua sukses, lancar. Mudah-mudahan hasilnya nanti amanah," tandasnya.
(dhn/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed