detikNews
Selasa 01 Desember 2015, 16:31 WIB

Free Out akan Dihapus, Penumpang Diminta Cermat Sebelum Masuk Stasiun

Nur Khafifah - detikNews
Free Out akan Dihapus, Penumpang Diminta Cermat Sebelum Masuk Stasiun Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - PT KCJ akan segera menghapus fasilitas free out ticketing di stasiun. Penumpang diimbau untuk lebih cermat dan teliti memperhitungkan kebutuhannya.

"Kita harus membuat satu sistem yang solid. Penumpang juga harus lebih teliti sebelum melakukan perjalanan KRL, selesaikan dahulu kebutuhannya di luar stasiun sebelum masuk," kata Corporate Communication Manager Eva Chairunnisa saat berbincang, Selasa (1/12/2015).

Eva mengatakan saat ini PT KCJ telah memiliki aplikasi di smartphone yang memungkinkan setiap pengguna mengetahui posisi kereta secara real time. Hal itu diharapkan dapat membantu penumpang dalam memperhitungkan waktu kapan ia harus masuk ke stasiun.

"Kalau kondisi kepadatan stasiun memang belum bisa dilihat (dari aplikasi). Tapi penumpang seharusnya tahu kalau kereta selalu penuh apalagi saat pick hour," katanya.

Menurut Eva, penghapusan fasilitas ini dimaksudkan untuk meningkatkan fasilitas kereta api agar tak kalah tertib seperti di luar negeri. Ke depan, KCJ juga akan menambah fasilitas-fasilitas lain untuk meningkatkan layanan kereta api.

Fasilitas free out ticketing akan dihapuskan pada tanggal 16 Desember mendatang. Nantinya setiap penumpang yang keluar di gate stasiun yang sama akan dikenai tarif sebesar tarif terendah KRL yakni Rp 2.000. Sementara saat ini, setiap penumpang yang keluar di gate yang sama tidak dikenai tarif jika belum melewati waktu 1 jam. Jika lebih dari 1 jam, dikenai denda Rp 11.000.


(kff/dra)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com