detikNews
Selasa 01 Desember 2015, 16:09 WIB

Jika Terjadi Gangguan, Penumpang Gratis Keluar di Gate yang Sama dan Bisa Refund

Nur Khafifah - detikNews
Jika Terjadi Gangguan, Penumpang Gratis Keluar di Gate yang Sama dan Bisa Refund Foto: agung pambudhy
Jakarta - Fasilitas free out ticketing di stasiun akan segera dihapuskan pada pertengahan Desember nanti. Setiap penumpang yang masuk dan keluar di gate stasiun yang sama akan dikenakan tarif sebesar Rp 2.000. Bagaimana jika terjadi gangguan kereta atau stasiun?

PT KCJ telah menyiapkan sistem tersendiri. Khusus untuk kejadian tak normal, setiap penumpang dapat keluar dari gate stasiun yang sama tanpa dikenai tarif.

"Kalau terjadi gangguan, penumpang bisa keluar gate menggunakan kartu master milik petugas kami," kata Corporate Communication Manager PT KCJ Eva Chairunnisa saat dihubungi, Selasa (1/12/2015).

Penumpang juga dapat meminta kembali biaya tiket yang sudah dibelinya (refund). Termasuk pengguna tiket harian berjaminan (THB), uang jaminannya juga dapat dicairkan kembali di loket.

"Jadi kita sudah antisipasi kalau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," ujarnya.

Free out merupakan fasilitas bagi penumpang yang akan keluar dari gate stasiun yang sama sebelum 1 jam. Jika lebih dari 1 jam, penumpang akan terkena denda sebesar Rp 11.000. Fasilitas free out ini akan resmi dihapus pada tanggal 16 Desember mendatang. Sehingga nantinya setiap penumpang yang terpaksa harus keluar di gate stasiun yang sama akan dikenai tarif Rp 2.000.


(kff/dra)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com