DetikNews
Selasa 27 Oktober 2015, 18:14 WIB

DKI Bangun Ruang Publik Terpadu Tanpa CSR, Ahok: Malu Minta Terus

Ayunda Windyastuti Savitri - detikNews
DKI Bangun Ruang Publik Terpadu Tanpa CSR, Ahok: Malu Minta Terus Foto: CNN Indonesia/Eky Wahyudi
Jakarta - Mulai tahun depan, pembangunan ruang publik di Jakarta akan menggunakan sepenuhnya dana dari APBD. Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok) malu jika terus menerus bergantung dari CSR perusahaan.

"Tahun depan yang 150 lokasi, kita akan andalkan anggaran kita sendiri. Paling satu unit Rp 500 juta. Malu juga kalau minta terus," ujar Ahok kepada wartawan di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (27/10/2015).

"Nanti pakai APBD. Nanti kalau ada yang mau bangun, ya masukin saja ke APBD-P. Misalnya, dapat Rp 150 miliar terus ada yang mau nyumbang di 150 lokasi nih. Nah, kita masukkan ke (APBD) Perubahan," lanjutnya.

Mantan Bupati Belitung Timur itu akan membangun Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) dengan anggaran sendiri jika sudah mendapat masing-masing harga satuannya. Ahok yakin pihaknya bisa membangun taman dengan APBD.

"Ini kita lihat harganya berapa, termasuk biaya rawat saya sudah tahu harganya. Karena pasti swasta juga enggak mau bangun yang terlalu mahal. Kalau ada yang mau sumbang 150 lokasi ya sisanya ya masukkan ke APBD-Perubahan bisa buat beli tanah," kata Ahok.

"Kalau keamanan dan lainnya itu lurah, kalau taman ya di Dinas Taman. Kan sudah ada PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) untuk urus izin dan ini sudah ada lurah sebagai estate manajer. Nah, yang penting supaya masyarakat hidup lebih nyaman di Jakarta," pungkasnya.

Sebelum ini, Ahok menyebut pembangunan RPTRA rencananya diserahkan kepada Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI. Dengan demikian, pembangunan tidak lagi diurus oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMKB) bersama TP PKK DKI dengan menggunakan dana Corporate Social Responsibility (CSR) pihak swasta.

Ada 22 perusahaan swasta yang kerap turut serta membangun RPTRA di sejumlah kawasan Ibu Kota. Berikut perusahaan-perusahaan swasta yang memberi sumbangan CSR untuk bangun RPTRA:

PT Agung Sedayu Group
PT Metropolitan Kencana
PT Agung Podomoro Land
Djarum Group (Blibli.com)
PT Alfa Goldland Realty
PT Bogasari
PT Intiland Development
PT Nestle Indonesia
PT Indofood Group
PT Ciputra Development
PT Indolakto (anak perusahaan PT Indofood Group)
PT Harapan Global Niaga
PT Summarecon
PT Elite Prima Hutama
PT Artisan Wahyu
Keppel Land
PT Bintang Toedjoeh
PT Indoland Inti Perkasa
Yayasan Dharma Suci
Yayasan Bhakti Barito
PT Mount Dream Indonesia
PT Pendawa
(aws/mok)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed