Dihajar Asap Pekat, Seluruh Penerbangan di Pekanbaru Batal

Dihajar Asap Pekat, Seluruh Penerbangan di Pekanbaru Batal

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Selasa, 06 Okt 2015 18:32 WIB
Foto: Chaidir Tanjung/ detikcom
Foto: Chaidir Tanjung/ detikcom
Pekanbaru - Asap pekat sejak pagi hingga sore menyelimuti langit Riau. Jadwal penerbangan seluruhnya dibatalkan, karena jarak pandang hanya 500 meter.

"Mulai pagi sampai sore ini, seluruh penerbangan dibatalkan. Tidak ada pesawat yang bisa mendarat di bandara kita," kata Airpot Duty Manager Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, Ibnu Hasan kepada detikcom, Selasa (6/10/2015).

Dia menjelaskan, tadi pagi pukul 07.00 WIB, jarak pandang di Bandara SSK II hanya 100 meter. Berangsur jarak pandang naik menjadi 300 meter pada pukul 12.00 WIB.

"Sampai sore ini jarak pandang hanya 500 meter. Kondisi ini belum bisa layak untuk pendaratan pesawat," kata Ibnu.

Untuk maskapai mendarat, kata Ibnu, minimal membutuhkan jarak pandang di atas 1 Km. Kondisi asap pekat yang membuat bandara lumpuh paling parah tiga hari terakhir.

"Hari ini ada 70 penerbangan. Dari jumlah itu 68 penerbangan sudah membatalkan. Tersisa 2 penerbangan yang akan mendarat malam ini. Kalau melihat kondisi cuaca saat ini, kemungkinan juga bisa batal," kata Ibnu.

Sedangkan pantauan di papa ISPU, polusi udara di Pekanbaru pada level berbahaya. Partikel debu PM10: 831, artinya lebih dua kali lipat dari ukuran level berbahaya di PM10: 350. (cha/try)