DetikNews
Jumat 02 Oktober 2015, 16:53 WIB

Bawaslu Paparkan Data Indeks Kerawanan Pilkada ke Mendagri

Muhammad Iqbal - detikNews
Bawaslu Paparkan Data Indeks Kerawanan Pilkada ke Mendagri Foto: M Iqbal
Jakarta -
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mendatangi kantor Bawaslu RI untuk mendapat penjelasan tentang data Indeks Kerawanan Pemilu (IPK). Mendagri akan menindaklanjuti potensi kerawanan tersebut.
 
Pertemuan itu digelar tertutup di kantor Bawaslu RI Jl MH Thamrin, Jakarta, Kamis (2/10/2015). Selain Tjahjo, komisioner Bawaslu yang hadir adalah Muhammad, Nelson Simanjuntak, Daniel Zuhron dan Endang Widyaningtyas.
 
"Kami sampaikan ke pemerintah melalui Mendagri mengenai hasil kajian Bawaslu khususnya terkait dengan Indeks kerawanan Pemilu," ucap ketua Bawaslu Muhammad usai pertemuan sekitar 2 jam.
 
Menurut Muhammad, data yang dimiliki Bawaslu itu sebagai 'peringatan dini' agar jangan sampai terjadi di Pilkada yang untuk pertama kalinya digelar serentak. Kerawanan itu seperti potensi politik uang, kecurangan, potensi konflik dan lainnya.
 
Sementara Mendagri Tjahjo Kumolo mengatakan pertemuan dengan Bawaslu itu akan disusul dengan pertemuan lanjutan, untuk menindaklanjuti pemetaan soal Indeks kerawanan pemilu di tiap provinsi itu.
 
"Ini pemetaan sudah ada. Kami sepakat nanti pertengahan minggu ini rutin ketemu," ujar Tjahjo.
 

"Saya kira dari pemetaan nggak bisa diarahkan pasti akan muncul sekian daerah konflik. Tahapan pendaftaran saja hanya 3-4 (masalah) saja, Mataram dan Denpasar. Tapi ke depan Pilkada semakin dekat, akan kita cermati," imbuhnya.



(miq/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed