DetikNews
2015/08/11 13:26:24 WIB

Kisah Preman Pensiun

Donny, Tinggalkan Ketenaran di Band Jeruji Demi Hijrah Mengaji

Avitia Nurmatari - detikNews
Halaman 1 dari 4
Donny, Tinggalkan Ketenaran di Band Jeruji Demi Hijrah Mengaji Foto: Twitter
Bandung - Di kalangan dunia band underground, namanya sudah dikenal luas. Dia adalah penguasa panggung metal sejak tahun 1996. Namun kini semua berubah, Donny Supriyadi alias 'Them_f**k' meninggalkan band Jeruji dan memilih mengaji.

detikcom bertemu dengan Donny di sela-sela pengajian di Masjid Al Lathiif, Bandung, Jawa Barat, Senin (10/8) malam. Pria yang akrab disapa Ayah itu dengan terbuka menceritakan kehidupannya dulu saat masih jadi vokalis band. Dia mengaku akrab dengan berbagai kenakalan rockstar pada umumnya, yaitu minuman keras, narkoba dan lain-lainnya.

"Sebenarnya sih setelah saya tahu sekarang, memang benar itu masa kelam. Tapi dulu mah nggak tahu itu teh masa kelam. Jadi seakan-akan dulu itu ketika melakukan maksiat kayak minum, mabuk-mabukan, narkoba, sedikit suka berpacaran, itu kan nggak boleh yah. Artinya dulu itu karena nggak tahu jadi seakan-akan benar," cerita Donny.

Malam itu, Donny memakai baju kaos hitam, berjaket dan celana hitam. Dia datang bersama ikon skater dan surfer Indonesia Fani Krismandar (Inong). Hadir juga eks pentolan Brigez Kiki Ahmad para puluhan pemuda lain yang pernah terlibat geng motor dan lain-lainnya. Dia tak bersedia difoto.

Mereka datang ke masjid untuk mengikuti kajian bersama ustaz Rahmat Baiquni dengan tema 'Tobat'. Donny dan rekan-rekannya memang rutin datang ke pengajian untuk berbagi dan bertanya soal masalah kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Kiki 'Brigez' Hijrah dari Jeratan Narkoba Setelah Kehilangan Ayah

Donny pun mengenang masa-masa tenarnya dulu. Setelah lulus SMA dia sempat hendak meneruskan kuliah, namun tak selesai. Akhirnya dia pun membuat band dan manggung dari satu tempat ke tempat lain. Tahun 1996, band itu berdiri dengan nama Jeruji. Band itu terkenal di kalangan underground karena musiknya yang cadas. Salah satu lagu yang populer adalah 'Lawan'. Sejak itu, Donny merasakan nikmatnya hidup sebagai 'bintang'.

"Di pergaulan di situ ya tahulah, anak band, apalagi underground. Terbuailah di situ. Mulai sering manggung, sering populer, banyak duit, tur ke mana-mana. Ya menikmatilah saya waktu itu, dengan tidak ada rasa menyesal. Mulai tato kan. Ya semualah yang dilakukan idola saya, saya ikuti," cerita ayah dua anak ini.

Donny menikah pada tahun 1998 dan memiliki anak pada tahun 2001. Namun, kehidupanya tak banyak berubah. "Tetap aja mabok mah mabok. Eeh, ini aib masa diceritain semua. Udah ah. Banyak aja, tapi nggak usah diceritain," imbuhnya.

Hijrah karena Anak
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed