DetikNews
Rabu 29 Juli 2015, 15:50 WIB

Jelang Muktamar Ke-33 NU

Caketum PBNU Muhammad Adnan, Ahli Politik Muda dari Kalangan Santri

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Caketum PBNU Muhammad Adnan, Ahli Politik Muda dari Kalangan Santri Foto: dok. Maarif NU Jawa Tengah
FOKUS BERITA: Muktamar ke-33 NU
Jakarta - Bursa calon Ketua Umum PBNU akan diramaikan oleh Wakil Rais Syuriah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jateng Muhammad Adnan Muhammad Adnan. Tokoh muda yang satu ini merupakan akademisi di bidang ilmu politik.

Dikutip dari berbagai sumber, Rabu (29/7/2015) Muhammad Adnan meraih gelar master perbandingan politik dari Hiroshima University, Jepang. Kini dirinya tengah menempuh program doktoral ilmu politik di Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah.

Latar belakang pendidikannya itu sebetulnya diawali dengan menjadi santri di Pesantren Darun Nasiin, Malang, Jawa Timur. Pria kelahiran 1960 itu kini tercatat sebagai staf pengajar di FISIP Undip.

Ilmu yang dia miliki kemudian diamalkan dalam organisasi NU sebagai Ketua PWNU Jawa Tengah tahun 2000 sampai 2013. Pengalaman menjabat 2 periode itu kemudian membawa dia untuk mencalonkan sebagai Ketum PBNU.

Adnan bisa dibilang merupakan figur yang kurang terdengar bila dibandingkan dengan calon ketua umum yang lain. Tetapi kesederhanaannya itu membuat dia didukung oleh sejumlah sesepuh NU seperti KH Dzikron Abdillah dan KH Achmad.

Tidak hanya itu, bahkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pun mendukung Adnan untuk menjadi Ketum PBNU. Mantan Ketum PBNU Hasyim Muzadi juga ikut memperkenalkan Adnan ke sejumlah wilayah Indonesia.
(bag/van)
FOKUS BERITA: Muktamar ke-33 NU
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed