DetikNews
Jumat 19 Juni 2015, 00:50 WIB

Laporan Dari AS

Tingkatkan Ekspor Indonesia, 5 Perusahaan AS Diganjar Penghargaan oleh Dubes

Shohib Masykur - detikNews
Tingkatkan Ekspor Indonesia, 5 Perusahaan AS Diganjar Penghargaan oleh Dubes
Washington DC - Dubes RI untuk Amerika Serikat, Budi Bowoleksono, memberikan penghargaan kepada lima  perusahaan asal Amerika Serikat yang telah berkontribusi signifikan dalam meningkatkan ekspor Indonesia ke AS. Penghargaan itu diharapkan akan memotivasi perusahaan-perusahaan lain dan meningkatkan hubungan dagang antara Indonesia dengan AS.

Pemberian penghargaan dilakukan dalam The 2015 Indonesian Ambassador’s Trade  Appreciation yang dilangsungkan di KBRI Washington DC, Selasa (16/6/2015) malam. Kelima perusahaan tersebut adalah Ethan Allen Interiors, Inc.; American Furniture Manufacture Inc.; Selamat Designs; Under Armour, Inc.; dan McCormick & Co., Inc. Pada kesempatan itu, mereka diwakili oleh Chief Executive Officer (CEO), President, atau Vice President (VP).

“Atas nama Pemerintah Indonesia dan rakyat Indonesia, saya mengucapkan terima kasih atas komitmen jangka panjang perusahaan Anda kepada Indonesia dan perannya dalam global supply chain. Komitmen perusahaan Anda menunjukkan kepercayaan Anda kepada potensi Indonesia dalam hubungan perdagangan dan investasi antar-kedua negara,” kata Dubes yang akrab di sapa Sonny ini dalam sambutannya.

Dia menambahkan, hubungan dagang kedua negara telah mengalami kemajuan signifikan selama sepuluh tahun terakhir. Pada tahun 2004, volume perdagangan kedua negara adalah USD13,8 miliar. Angka itu meningkat lebih dari dua kali lipat menjadi USD28 miliar pada tahun 2014. Meski demikian, Sonny mengingatkan agar  kedua belah pihak tidak cepat berpuas diri.

“Masih banyak pekerjaan rumah yang harus kita kerjakan. Saya percaya dengan dukungan Anda semua kita bisa mengoptimalkan potensi hubungan kedua negara,” ujarnya.

Oleh karena itu, kata dia, pemberian penghargaan tersebut bukanlah sebagai langkah akhir, melainkan justru sebagai permulaan untuk semakin lebih meningkatkan hubungan ekonomi kedua negara.

“Mari kita jadikan ini sebagai langkah awal untuk memperkuat kolaborasi  kita guna meningkatkan peran Indonesia dalam global supply chain dan juga peran Indonesia dalam global value chain perusahaan Anda. Saya percaya ini tidak hanya akan menguntungkan Indonesia, tetapi juga dunia secara kesluruhan,” kata Sonny.

Kurt W. Tong yang memberikan sambutan mewakili Departemen Luar Negeri AS mengatakan bahwa pemberian penghargaan tersebut merupakan inisiatif yang bagus dalam rangka meningkatkan hubungan ekonomi kedua negara. Dia menambahkan, Indonesia bagi AS merupakan mitra yang penting. Namun  meski USD28 miliar merupakan angka yang mengesankan, saat ini Indonesia masih belum menjadi mitra dagang utama AS karena berada pada urutan ke-28.

“Kita bisa lebih baik dari ini. Bukankah kita bisa membuatnya jadi nomor 20 dalam satu dekade ke depan?” ujarnya yang disambut tepuk tangan oleh hadirin.
(rvk/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed