DetikNews
Jumat 22 Mei 2015, 16:13 WIB

Resmikan Lenggang Jakarta, Ahok: Saya Jamin Nggak Ada Makanan Pakai Zat Kimia

Ayunda W Savitri - detikNews
Resmikan Lenggang Jakarta, Ahok: Saya Jamin Nggak Ada Makanan Pakai Zat Kimia
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) akhirnya meresmikan kantin Lenggang Jakarta di Monas. Ahok berani menjamin tidak ada jajanan yang menggunakan zat pengawet ataupun zat kimia di kantin tersebut.

"Di sini saya jamin nggak ada pakai zat kimia, warna atau apapun. Turis pasti aman. Tidak ada beras plastik atau telur plastik," ujar Ahok saat memberi sambutan peresmian Lenggang Jakarta, Monas, Jakarta Pusat, Jumat (22/5/2015).

Mantan Bupati Belitung Timur itu mengungkapkan alasan di balik sikap kerasnya dia dalam menertibkan pedagang kaki lima (PKL). Sebab, Ahok menilai selama ini dari hasil uji lab BPOM masih banyak makanan yang dijajakan para pedagang mengandung zat kimia berbahaya.

"Kami minta BPOM periksa makanan. Hampir setiap sampel PKL tidak memenuhi syarat. Cara menyandian kuali dikasih cat, formalin dan lain-lain. (Ini) Menyebabkan tingkat kena kanker di Jakarta tinggi," urainya.

Di Lenggang Jakarta, Ahok sengaja memasang tarif harga yang lebih mahal untuk setiap produk makanan, minuman dan aksesoris yang dijual. Hal ini bertujuan agar mereka bisa belajar berkoperasi.

Seperti diketahui, harga produk-produk yang dijajakan di Lenggang Jakarta berkisar antara Rp 15-40 ribu.

"Jajanannya jadi lebih mahal dibandingkan dulu. Ini buat naik kelas harga di sini di bawah mall tapi di atas PKL," kata Ahok.

Setiap pedagang harus mengikuti pelatihan yang diadakan Pemprov DKI. Dia pun mengapresiasi jerih payah para pedagang dengan cara 'mengganti rugi' keringatnya dengan menyuntik modal Rp 1 juta.

"Saya mau kasih penghargaan kepada pedagang yang waktu buka berdarah-darah nih. Saya ganti deh Rp 1 juta. Biar semangat. Semalam saya lihat hanya 50 orang, Puji Tuhan," terangnya sambil tertawa.

"Saya kepala preman baru Bapak Ibu. Setor ke DKI, kami. Ini kepala mafia baru. Mafia yang baik hati ingin membuat kepala dan perut Bapak Ibu penuh. Dengan mengucap syukur, setelah menunggu lama dan setelah agak naik darah, Lenggang Jakarta saya resmi buka," tutup Ahok diikuti riuh tepuk tangan para pedagang dan perwakilan Pemprov DKI Jakarta yang hadir.




(Ayunda W Savitri/Hestiana Dharmastuti)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed