DetikNews
Senin 16 Maret 2015, 12:52 WIB

Kisah Tim Jupiter

Profil dan Nama Unik Pilot Tim Aerobatik Jupiter: Condor Hingga Colibri

Rachmadin Ismail - detikNews
Profil dan Nama Unik Pilot Tim Aerobatik Jupiter: Condor Hingga Colibri dok: Jupiteraerobaticteam.blogspot.com
Jakarta -

Jupiters Aerobatic Team (JAT) sudah lama menjadi kebanggaan TNI dalam urusan terbang indah di udara. Nama mereka dikenal hingga di berbagai belahan dunia. Untuk komunikasi udara, rupanya mereka punya julukan sendiri-sendiri. Seperti apa?

Informasi dari situs jupiteraerobaticteam.blogspot yang dibuat oleh salah satu pilot, nama-nama udara itu cukup menarik. Mulai dari Goshawk hingga Condor.

Namun, sebelum melihat nama udara mereka, nama-nama asli para pilot itu perlu diketahui. Berikut para pilot yang diberangkatkan ke ajang pameran dirgantara Langkawi, Malaysia, adalah:

Jupiter 1: Mayor Pnb Feri Yunaldi
Jupiter 2: Kapten Pnb Idam Satria Utomo
Jupiter 3: Kapten Pnb Made Yogi Indra
Jupiter 4: Mayor Pnb Putu Sucahyadi
Jupiter 5: Mayor Pnb Sri Raharjo
Jupiter 6: Mayor Pnb Humaidi Syarief Romas

Masing-masing nama di atas rupanya memiliki julukan sendiri. Misalnya, Mayor Pnb Feri Yunaldi sebagai pemimpin tim mendapat julukan Jupiter One. Feri sudah menjadi pemimpin tim sejak dua tahun lalu dan dia sudah tampil di sejumlah acara, mulai dari Singapore Air Show hingga BRIDEX.



Penerbang Jupiter 2, Kapten Pnb Idham Satria Utomo memiliki nama julukan 'Godham'. Dia menjadi anggota Jupiter setelah menggantikan pilot sebelumnya kapten Riphdo 'Mohawk' yang kembali ke skuadron awal di Pekanbaru. Kapten Godham juga berasal dari Pekanbaru.



Kapten Made Yogi Indra sebagai penerbang Jupiter 3 memiliki nama julukan 'Raider'. Dia sebelumnya menggantikan pilot Jupiter 3, Kapten Apri 'Cheetah' yang kembali menjadi penerbang jet tempur.



Jupiter 4 diterbangkan oleh Mayor Putu Sucahyadi. Dia mendapat julukan sebagai Colibri. Sebelumnya, Putu bertugas sebagai pilot helikopter. Dia adalah satu-satunya pilot heli yang masuk jadi anggota Tim Jupiter.



Mayor Sri Raharjo yang menjadi korban kecelakaan tabrakan di Langkawi, Malaysia, memiliki julukan 'Martin' di udara. Sang pilot berasal dari Sragen, Jawa Tengah, dan menjadi bagian dari Jupiter sejak tiga tahun lalu. Martin disebut-sebut bakal menjadi calon pemimpin tim Jupiter.



Keenam, ada Mayor Penerbang Humaidi Syarief Romas. Namun di udara dan dunia maya, dia lebih dikenal sebagai Romas 'Condor'. Dia masuk sebagai pilot Jupiter menggantikan Mayor Macell 'Liger' yang saat ini sekolah di China. Romas Condor aktif di media sosial facebook, twitter hingga YouTube. Dia pula yang membuat website tentang para pilot tersebut.



Selain para pilot, ada Danlanud Adisutjipto Marsekal Pertama Yadi Indrayadi Sutanandika sebagai pengawas tim aerobatik. Tak lupa, dia juga memiliki nama panggilan tersendiri, yakni 'Goshawk'. Selama ini, Yadi dikenal sebagai salah seorang penggagas tim jupiter.




(mad/mad)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed