detikNews
Sabtu 07 Maret 2015, 15:55 WIB

Ditemani Iriana, Jokowi Borong Batik dan Minum Air Kendi di Kampung Samin

- detikNews
Ditemani Iriana, Jokowi Borong Batik dan Minum Air Kendi di Kampung Samin Presiden Jokowi dalam kunjungannya (Foto: Ray Jordan/detikcom)
Blora, - Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Widodo mengunjungi Kampung Samin, Blora, Jawa Tengah. Dalam kunjungannya Jokowi dan Iriana memborong batik buatan masyarakat setempat.

Jokowi tiba di Kampung Samin yang berada di Desa Klopoduwur, Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora, Sabtu (7/3/2015) siang. Begitu tiba, Jokowi dan Iriana langsung sibuk melihat-lihat hasil batik warga Samin.

"Yang ini bagus ya Bu warnanya. Ambil," kata Jokowi ke Iriana sambil menyerahkan kain batik berwarna biru ke Iriana.

Selepas itu, Jokowi melihat beberapa ibu-ibu yang tengah sibuk membatik. Bahkan Jokowi sempat jongkok sedangkan Iriana duduk sebangku dengan salah seorang warga.

"Ini motif apa Bu?" tanya Jokowi.

"Samin Pak," jawab salah seorang ibu.

Di situ Jokowi kemudian memberikan sejumlah amplop warna putih berisi uang untuk membantu warga perkampungan Samin. Amplop itu diterima dan warga memberikan beberapa lembar kain batik ke Jokowi. Diketahui, Jokowi memberikan bantuan sebesar Rp 100 juta untuk perbaikan pipa saluran air dan rumah.

"Di sini lingkungannya asri sekali, di tengah hutan jati, dikembangkan batik Samin. Jadi sudah sangat bagus sekali. Tadi saya borong semua, eh.. tidak semua, saya pilih, yang cocok warnanya, cocok sama Bu Jokowi, kita pilih, kita ambil," kata Jokowi.

Usai melihat proses pembuatan batik, Jokowi dan Iriana, didampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Kepala Desa Klopoduwur Diana Utami, Kepala Pokdar Wisata Sri Pertiwi dan tokoh ada Samin, Mbah Lasio, masuk ke Pendopo Sedulur Sikep Samin Karangpace. Di sana Jokowi berdialog dengan warga Samin.

"Seger waras," kata Jokowi mengucapkan salam khas warga Samin.

Dalam kesempatan itu, Jokowi meminta warga Samin untuk dapat menjaga kelestarian adat istiadat di sana. Dia pun menitipkan beberapa hal.

"Kampung ini, Kampung Karapace ini, adalah sebuah perkampungan adat yang budaya adatnya dirawat sareng-sareng (sama-sama). Jangan sampai ada budaya asing yang masuk, yang merubah budaya adat yang ada di sini. Kalau bukan kita, siapa lagi yang merawat budaya adat bangsa kita," kata Jokowi.

Dalam momen ini, Jokowi disuguhkan makan umbi-umbian dan kacang-kacangan rebus. Jokowi dan Iriana pun menyantap makanan tersebut. Usai dialog dengan warga, Iriana lantas mengambil sebuah kendi dan langsung menenggaknya. Peristiwa ini disambut baik dan tepuk tangan warga Samin.

Jokowi yang melihat peristiwa itu pun lantas mengambil sebuah kendi. Kendi diangkat lalu dituangkan ke mulut, namun ternyata isinya kosong. "Suda diangkat ternyata isinya kosong," kata Jokowi sambil tertawa.

Lantas dia mengambil kendi kedua dan menuangkannya ke mulut. "Ini baru ada isi," kata Jokowi.

Cara itu kemudian diikuti Ganjar dan beberapa masyarakat setempat. Diketahui, cara meminum langsung dari kendi merupakan khas warga Samin.


  • Ditemani Iriana, Jokowi Borong Batik dan Minum Air Kendi di Kampung Samin
    Presiden Jokowi dalam kunjungannya (Foto: Ray Jordan/detikcom)
  • Ditemani Iriana, Jokowi Borong Batik dan Minum Air Kendi di Kampung Samin
    Presiden Jokowi dalam kunjungannya (Foto: Ray Jordan/detikcom)

(jor/dha)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed