DetikNews
Selasa 24 Februari 2015, 11:08 WIB

Resmikan Rusunawa Tambora, Ahok Merasa Puas Meski Tak Ada Pipa Gas

- detikNews
Resmikan Rusunawa Tambora, Ahok Merasa Puas Meski Tak Ada Pipa Gas
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) meresmikan Rusunawa Tambora. Ia mengecek berbagai fasilitas seperti kamar dan lift. Ahok merasa sangat senang.

"Sudah bagus ini rusunnya seperti yang di Marunda 5x6 meter persegi. Ini standar kita," ujar Ahok kepada wartawan yang mengikutinya blusukan di Rusunawa Tambora, Jl Angke Jaya, Tambora, Jakarta Barat, Selasa (24/2/2015).

Sebagaimana diketahui, Rusunawa Tambora ini merupakan satu-satunya bangunan subsidi pemerintah yang memiliki lift. Suami Veronica Tan itu juga mengecek toilet rusunawa dan lagi-lagi memujinya. "Ini toiletnya bagus dan bersih. Sudah seperti American Standart lah," pujinya.

Namun, Ahok kecewa karena Rusunawa Tambora belum terpasang pipa gas. "Saya sangat senang apa yang kami (Jokowi-Ahok semasa menjabat sebagai Gubernur dan Wagub DKI Jakarta) impian soal rusun selesai dibangun walaupun ada kesalahan teknis sedikit," kata Ahok.

"Standar baru lagi nanti kalau ada pipa gas. Ini belum ada pipa gas. Saya ingin semua unit ada pipa gas sehingga bapak ibu tidak perlu repot beli tabung gas, gasnya made in Indonesia tapi tabungnya made in China. Saya lagi bilang ke Ibu Ika (Kepala Dinas Pertamanan DKI) semua sudut ada jendela dapur ada di jendela, kita siapkan di bawahnya ada tabung gas besar nanti disalurkan ke seluruh unit," sambungnya.

Ahok yang disambut warga yang menempati rusunawa dengan penuh antusias. Mereka tak henti-hentinya memanggil nama Ahok dan berdesak-desakan untuk dapat berfoto bersama.

Suami Veronica Tan ini sempat melihat anak-anak kecil yang asyik berkumpul di satu halaman rusunawa. Tak ayal suasana jadi heboh dan anak-anak itu menyalami juga menciumi tangan Ahok.

"Dengan mengucap puji syukur rusunawa Tambora, rusun Pulo Gebang, rusun Jatinegara Kaum dan Cipinang Besar Selatan saya resmikan," tutup Ahok sembari menekan sirine sebagai tanda.

Rusun Tambora memiliki 16 lantai dan 549 unit. Setiap unit terdapat dua kamar, satu ruang tamu, satu kamar mandi, dapur dan balkon untuk menjemur pakaian. Kompleks rusunawa menempati di atas lahan seluas 21.473 meter persegi dan memiliki 3 tower. Ada 4 lantai masing-masing tipe 18 dan 16 lantai masing-masing tipe 30.

Rencananya, dari total tersebut sebanyak 477 unit akan ditempati penghuni lama dan 72 unit diperuntukkan bagi warga yang terkena program relokasi. Untuk harga sewa rusun rata-rata Rp 458 ribu per bulan. Harga tersebut sudah termasuk biaya pemeliharaan lift dan taman rusun.

  • Resmikan Rusunawa Tambora, Ahok Merasa Puas Meski Tak Ada Pipa Gas
  • Resmikan Rusunawa Tambora, Ahok Merasa Puas Meski Tak Ada Pipa Gas

(aws/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed