DetikNews
Selasa 09 Desember 2014, 23:49 WIB

Mendikbud Anies: Kegiatan Belajar Harus Dimulai dan Ditutup dengan Doa

- detikNews
Mendikbud Anies: Kegiatan Belajar Harus Dimulai dan Ditutup dengan Doa
Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan akan fokus pada penanaman kebiasaan bagi peserta didik. Ada beberapa hal penting yang perlu dibiasakan sejak dini sehingga membentuk budaya baik dalam masyarakat.

"Hal rutin yang perlu dibiasakan pada peserta didik seperti membaca buku bersama, menyanyikan lagu-lagu cinta Tanah Air, berdoa, piket kelas, olah raga dan rutinitas lain yang baik," ujar Anies dalam pernyataan tertulis yang diterima detikcom, Selasa (9/12/2014).

Dalam hal doa, Mendikbud ingin agar kegiatan sekolah dimulai dan ditutup dengan doa. Menurut dia, Kemendikbud ingin mendorong suasana belajar yang mencerminkan tujuan pendidikan nasional, yaitu anak-anak yang beriman, bertakwa dan cinta Tanah Air.

"Adapun isi doa dikonsultasikan ke Kemenag. Mendikbud pernah bicara ini dengan Menteri Agama. Namun belum ada tindaklanjutnya," imbuh Anies.

Melalui keterangan ini dirinya menegaskan bahwa tak pernah ada larangan membaca doa sebelum memulai kegiatan belajar. Hal ini sekaligus menanggapi isu yang tengah berhembus.

"Tidak benar mau melarang. Ini lagi fokus Kurikulum 2013, kok malah dikatakan menghapus doa di sekolah. Masa saya melarang doa. Ada-ada aja," pungkas penggagas Indonesia Mengajar tersebut.


(bpn/rmd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed