DetikNews
Jumat 21 November 2014, 10:31 WIB

Penampakan Gerbang Tol Cikarang yang Kacau Akibat Diblokir Buruh

- detikNews
Penampakan Gerbang Tol Cikarang yang Kacau Akibat Diblokir Buruh Foto: Skey (pasangmata.com)
Jakarta -

Buruh yang bekerja di kawasan industri di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, menutup akses di sekitar gerbang tol tersebut. Akibat aksi ini lalu lintas di sekitar gerbang tol tersebut menjadi kacau.

"Ada unjuk rasa di pintu tol Cikarang Barat," tulis pembaca detikcom yang melintas di kawasan itu, Skey, Jumat (21/11/2014) pukul 10.00 WIB.

Skey mengirimkan foto demo buruh di gerbang tol Cikarang tersebut ke pasangmata.com. Terlihat ada tiga truk yang melintang menutupi jalanan. Di belakang truk yang menutupi jalan ini ada bus dan kendaraan lain tertahan. Selain itu juga terlihat kumpulan massa yang berkumpul di tengah jalan bebas hambatan tersebut.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto mengatakan para buruh menuntut kenaikan upah minimum kabupaten (UMK). UMK untuk buruh di Kabupaten Bekasi belum diputuskan. Para buruh menuntut UMK sama dengan upah buruh di Kota Bekasi yaitu Rp 2,9 juta/bulan.

"Buruh berdemo, mereka menuntut kenaikan UMK. Saat ini demo masih berlangsung dan sudah mendapat pengamanan aparat kepolisian. Pak Kapolda dan Karoops juga sudah di lokasi," ujarnya.

Aksi demo ini berlangsung sejak sekitar pukul 08.00 WIB. Konsentrasi massa tidak hanya terpusat di dekat akses jalan menuju ke Tol Cikarang saja, tetapi juga di beberapa kawasan industri M2000.

"Total ada 10 ribu yang demo, ada yang demonya di perusahaannya masing-masing, ada juga yang di jalan Cikarang," imbuhnya.

Massa juga dilaporkan sempat menyetop bus karyawan yang melintas di ruas tol dan mengajak buruh lainnya untuk ikut demo.

"Namun sudah diamankan dan sekarang tidak ada lagi yang masuk ke tol," lanjutnya.

Saat ini, ratusan aparat polisi dari Polres Kabupaten Bekasi masih berjaga-jaga di lokasi. Polisi juga menjaga sejumlah akses tol agar tidak menjadi sasaran pemblokiran massa. Apakah Anda menjadi 'korban' dari ketersendatan lalu lintas akibat aksi blokir fasilitas umum ini? Silakan berbagi info dan foto ke redaksi@detik.com atau pasangmata.com.


(nal/nrl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed