DetikNews
Sabtu 09 Agustus 2014, 14:35 WIB

Ini Peta Jaringan Teroris di Indonesia Versi Kepala BNPT

- detikNews
Ini Peta Jaringan Teroris di Indonesia Versi Kepala BNPT Kepala BNPT Ansyaad Mbai (Dhani/detikcom)
Jakarta - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) Ansyaad Mbai berbicara soal Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) di kantor Kementerian Agama (Kemenag). Ansyaad menunjukkan peta jaringan teroris di Indonesia di hadapan ormas-ormas Islam.

Ansyaad yang didapuk sebagai pembicara di acara seminar di kantor Kemenag, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu (9/8/2014), itu memulai bahasannya mengenai faktor radikalisme dan terorisme.

"Umumnya menunjuk kemiskinan, pendidikan, marjinalisasi, otoritasian, standar ganda dari negara maju. Meski banyak teori yang dapat menjelaskan namun tidak ada satu single faktor," kata Ansyaad.

Kemudian, Ansyaad juga menyinggung profil terorisme seperti al Qaeda, Jamaah Islamiah, NII, hingga ISIS. Ansyaad lalu menunjukkan peta konsentrasi jaringan teroris di Indonesia.

Tampak dari peta yang ditunjukkan Ansyaad seperti di Aceh yang menjadi qoidah aminah dengan kelompok Dulmatin dari JI, Mustofa (JI/JAT) serta Abu Omar (NII). Sementara di Pulau Jawa ada pula kelompok MIB dengan tokoh Abu Omar dan Abu Roban. Lalu ada pula kelompok Santoso di Sulawesi.

"Tujuan terorisme di Indonesia ini ada yang ingin menggantikan konstitusi bangsa dengan cara jihad memerangi musuh Islam, penghambat seperti dari Barat," kata Ansyaad.


(dha/nik)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed