DetikNews
Jumat 11 Juli 2014, 07:10 WIB

Mundur dari Jabatan Direktur IRC, Ini Alasan Agus Sudibyo

- detikNews
Jakarta -

Agus Sudibyo mundur dari jabatan Direktur Indonesia Research Centre (IRC). Agus menegaskan alasan dirinya keluar dari lembaga survei tersebut karena saat itu ada tumpang tindih kepentingan terkait peluang Wiranto-Harry Tanoesoedibjo menuju Pileg dan Pilpres 2014.

"Begini, saya itu keluar sejak November 2013. Adanya indikasi mulai tumpang tindih yang dekat dengan Hanura dulu Pak Wiranto-HT, maka saya mundur. Saya enggak mau survei kebijakan publik malah tumpang tindih sama kepentingan pesta Pemilu," ujar Agus saat dihubungi detikcom, Kamis, (10/7/2014).

Dia pun menepis kabar isu mundur karena perintah untuk memanipulasi data untuk kepentingan Pemilu Presiden 2014. Menurutnya, isu ini tidak benar dan jauh dari realitas sebenarnya. Agus menegaskan kalau dirinya tidak mengetahui sama sekali persoalan manipulasi data.

"Saya enggak ngerti dan tidak tahu karena sudah keluar. Sejak Maret sampai November 2013 saya tidak pernah manipulasi. Coba Anda konfirmasi saja langsung ke IRC," sebutnya.

Lanjutnya, Agus mengatakan kalau isu pemberitaan manipulasi data survei itu harus dikroscek dulu kebenarannya. Menuding manipulasi tanpa adanya penyelidikan adalah masalah berat yang mengarah fitnah. Dia pun tidak ingin namanya dikaitkan dengan persoalan isu manipulasi data lembaga survei yang muncul dalam perhitungan cepat (quick count) di Pilpres 2014.

"Manipulasi itu masalah serius lho. Jangan menuding ini itu tanpa ada bukti dan penyelidikan investigasi," katanya.

Sekadar diketahui, IRC bersama 3 lembaga survei lainnya mencatat kemenangan Prabowo-Hatta dalam hitung cepat mereka. Sedang 8 lembaga survei lainnya berkebalikan.


(hat/jor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed