DetikNews
Rabu 02 Apr 2014, 11:55 WIB

Ada 15 Kategori Surat Suara Dinyatakan Sah, Ini Daftarnya

- detikNews
Ada 15 Kategori Surat Suara Dinyatakan Sah, Ini Daftarnya
Jakarta - Pemilu Legislatif tinggal seminggu lagi, yaitu pada 9 April 2014. Namun tak banyak masyarakat tahu soal ketentuan surat suara yang dinyatakan sah. KPU menetapkan ada 15 kategori surat suara dinyatakan sah. Apa saja?

Ketentuan tersebut tertuang dalam Peraturan KPU nomor 5 tahun 2014 tentang pemungutan dan pengitungan suara di TPS dalam Pemilu anggota DPR, DPD dan DPRD.

Sebagaimana dikutip detikcom dari peraturan tersebut, Rabu (2/3/2014), pasal 48 ayat 2 a menyebutkan surat suara untuk anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota dihitung sebagai 1 surat suara sah jika memenuhi beberapa ketentuan.

Berikut daftar ketentuan kategori surat suara yang dinyatakan sah:

1. Tanda coblos di kolom nomor urut, gambar, dan nama partai. Dinyatakan sah untuk partai.

2. Tanda coblos di kolom nomor urut dan nama calon. Dinyatakan sah untuk nama calon bersangkutan dari partai yang mencalonkan.

3. Tanda coblos di kolom nomor urut, gambar dan nama partai, serta tanda coblos di kolom nomor dan nama calon dari partai yang bersangkutan. Dinyatakan sah untuk nama calon yang bersangkutan dari partai yang mencalonkan.

4. Tanda coblos di kolom nomor urut, gambar, dan nama partai, serta tanda coblos lebih dari 1 calon pada kolom yang memuat nomor urut dan nama calon dari partai yang sama. Dinyatakan sah untuk partai.

5. Tanda coblos lebih dari 1 calon pada kolom yang memuat nomor dan nama calon dari partai yang sama. Dinyatakan sah 1 suara untuk partai.

6. Tanda coblos lebih dari 1 kali pada kolom yang memuat nomor, tanda gambar, dan nama partai, tanpa mencoblos salah satu calon dari partai yang sama. Dinyatakan sah 1 suara untuk partai.

7. Tanda coblos pada surat suara yang diblok warna abu-abu dibawah nomor urut dan nama calon terakhir. Dinyatakan sah 1 suara untuk partai.

8. Tanda coblos tepat pada garis kolom yang memuat nomor urut, tanda gambar dan nama partai tanpa mencoblos salah satu calon dari partai yang sama. Dinyatakan sah 1 suara untuk partai.

9. Tanda coblos tepat pada garis kolom yang memuat 1 nomor urut dan nama calon. Dinyatakan sah untuk nama calon yang bersangkutan.

10. Tanda coblos tepat pada garis yang memisahkan antara nomor urut dan nama calon dengan nomor urut dan nama calon lain dari partai yang sama, sehingga tidak dapat dipastikan tanda coblos tersebut mengarah pada 1 nomor urut dan nama calon. Dinyatakan sah 1 suara untuk partai.

11. Tanda coblos pada satu kolom yang memuat nomor urut tanpa nama calon disebabkan calon tersebut tidak lagi memenuhi syarat. Dinyatakan sah 1 suara untuk partai.

12. Tanda coblos pada satu kolom yang memuat nomor urut dan nama calon atau tanpa nama calon yang disebabkan calon tersebut meninggal dunia/tidak lagi memenuhi syarat dan tanda coblos pada satu kolom nomor urut dan nama calon dari satu partai. Dinyatakan sah 1 suara untuk calon yang masih memenuhi syarat.

13. Tanda coblos lebih dari 1 kali pada kolom yang memuat nomor urut dan nama calon. Dinyatakan sah 1 suara untuk calon yang bersangkutan.

14. Tanda coblos pada satu kolom yang memuat nomor dan nama calon dan tanda coblos pada kolom abu-abu. Dinyatakan sah untuk 1 calon yang memenuhi syarat.

15. Tanda coblos pada kolom yang memuat nomor, nama dan gambar partai politik yang tidak mempunyai daftar calon. Dinyatakan sah 1 suara untuk partai.


Ayo menjadi pemilih cerdas di Pemilu 2014! Lengkapi referensi dan informasi terkait Pemilu hanya di detikPemilu. Selain berita, Anda bisa mengecek TPS tempat mencoblos dan data caleg. Anda juga bisa mengirim pertanyaan yang akan langsung dijawab oleh komisioner KPU. Semua tentang Pemilu ada di detikPemilu!

  • Ada 15 Kategori Surat Suara Dinyatakan Sah, Ini Daftarnya
  • Ada 15 Kategori Surat Suara Dinyatakan Sah, Ini Daftarnya

(iqb/trq)
Komentar ...
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed