DetikNews
Rabu 26 Mar 2014, 14:25 WIB

Satgas Sita 450 Ton Kayu Hasil Perambahan Liar di Cagar Biosfer

- detikNews
Satgas Sita 450 Ton Kayu Hasil Perambahan Liar di Cagar Biosfer Ilustrasi/ Dok Detikcom
Pekanbaru - Tim Satgas Darat dalam melakukan operasi di cagar biosfer di Riau menyita 450 ton kayu hasil tembangan liar. Sekitar 3.000 hektare hutan telah dibakar.

Komandan Satgas Pasukan Darat Operasi Darurat Asap Riau, Brigjen TNI Prihadi Agus Irianto mengungkapkan hal itu kepada wartawan, di Posko Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Rabu (26/3/2014).

Dia menjelaskan, 450 ton kayu berkualitas itu kini telah disita. Namun jumlah itu bisa saja terus bertambah. Sebab, tim masih terus menyisir kawasan konservasi tersebut.

"Perambahan liar diperkirakan sudah terjadi cukup lama. Artinya bukan dalam hitungan tahun ini. Tapi kita perkirakan sudah berlangsung tahunan. Ini bisa dibuktikan sekitar 3.000 hektare kawasan bekas perambahan dibakar yang rencananya untuk perkebunan," kata Agus.

Cagar Biosfer Giam Siak Kecil-Bukit Batu terletak di Kabupaten Siak dan Bengkalis yang memiliki luas lebih dari 700.000 hektare.

Pembentukan kawasan itu, awalnya diusulkan oleh perusahaan kehutanan Sinar Mas Forestry pada 2009, yang akhirnya mendapat pengakuan dari UNESCO.

Menurut Agus, dalam operasi. Yang gelar sejak 26 Februari, pihak Satgas telah membakar 39 barak liar tempat penginapan para pelaku.

"Barang bukti di lapangan, sudah ada kayu yang telah dijadikan papan. Barang bukti itu sudah kita musnahkan," kata Agus yang juga menjabat Komanda Korem 031 Wira Bima tersebut.

Dalam operasi di kawasan cagar biosfer ini, lanjut Brigjen Agus, pihaknya sudah banyak menangkap pelaku pembalakan liar dan pembakar lahan. Satu di antaranya oknum TNI inisial S yang dimodali cukong kayu.

"Untuk oknum TNI tersebut, kasusnya sudah diproses di Denpom Pekanbaru," kata Agus.

  • Satgas Sita 450 Ton Kayu Hasil Perambahan Liar di Cagar Biosfer
    Ilustrasi/ Dok Detikcom
  • Satgas Sita 450 Ton Kayu Hasil Perambahan Liar di Cagar Biosfer
    Ilustrasi/ Dok Detikcom

(cha/try)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed