DetikNews
Rabu 26 Mar 2014, 07:05 WIB

Laporan dari Den Haag

Ini Hasil dari 3 Sasaran Utama KTT Keamanan Nuklir (2)

- detikNews
Ini Hasil dari 3 Sasaran Utama KTT Keamanan Nuklir (2)
Den Haag - Tingkatkan keamanan bahan nuklir dan sumber radioaktif. Bahan nuklir dan radioaktif lainnya digunakan secara intensif di rumah sakit, industri dan universitas. Sebagian dari tempat-tempat dengan radioaktif tersebut terbuka untuk publik.

Pengamanan lebih baik untuk bahan-bahan tersebut merupakan salah satu sasaran utama KTT Keamanan Nuklir.

Selain keamanan fisik yang lebih baik, peningkatan keamanan informasi sensitif juga membantu mengurangi kemungkinan aksi teroris dengan bahan radioaktif atau nuklir.

Pemasangan peralatan pendeteksian radiasi akan meningkatkan kemungkinan memperoleh tangkapan saat penyelundupan dan hal ini akan menurunkan kemungkinan orang untuk mencoba menguasai bahan nuklir.

Dalam bidang ini partisipan KTT Keamanan Nuklir telah membuat kemajuan sebagaimana diuraikan dalam Laporan Kemajuan Nasional masing-masing negara.

Hampir semua negara partisipan menyatakan bahwa mereka telah memperbarui atau sedang melakukan tinjauan, memperbarui atau merevisi Undangan-undang (UU) terkait keamanan nuklir, contohnya UU perlindungan fisik, transportasi dan penanganan sumber-sumber radioaktif, dalam rangka untuk mematuhi pedoman internasional dan praktik terbaik.

Sebanyak 28 negara menyatakan telah memasang ekstra sistem deteksi radioaktif di pelabuhan dan pintu pemeriksaan di perbatasan atau telah melengkapi tim pelacak mobile dengan sistem tersebut sejak 2010.

Banyak negara partisipan yang telah mempunyai fasilitas pelatihan di tempat. Sebanyak 12 negara melaporkan bahwa mereka telah mendirikan pusat pelatihan untuk keamanan nuklir, 8 negara lainnya sedang membangun atau mendirikan pusat pelatihan tersebut dan empat lagi sedang mempertimbangkan untuk melakukan hal sama.


  • Ini Hasil dari 3 Sasaran Utama KTT Keamanan Nuklir (2)
  • Ini Hasil dari 3 Sasaran Utama KTT Keamanan Nuklir (2)

(es/es)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed