DetikNews
Selasa 25 Mar 2014, 08:40 WIB

BPKN Pertanyakan Vonis MA di Kasus iPad Tidak Berpanduan Bahasa Indonesia

- detikNews
BPKN Pertanyakan Vonis MA di Kasus iPad Tidak Berpanduan Bahasa Indonesia
Jakarta - Mahkamah Agung (MA) mengabulkan permohonan kasasi jaksa atas dua alumnus ITB, Dian dan Rendy. Keduanya didakwa telah bersalah menjual iPad tanpa disertai buku panduan berbahasa Indonesia dan dituntut 5 bulan penjara.

Menurut Koordinator Komisi Komunikasi dan Edukasi Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) David Tobing, kasus ini cukup pelik. Sehingga BPKN akan mempelajari kasus tersebut.

"Saya butuh waktu untuk mempelajari ini. Saya mau tahu dulu tuntutan jaksa seperti apa," kata David saat dihubungi detikcom, Senin (24/3/2014).

Dian dan Rendy sempat dipenjara karena menjual iPad tidak ber-manual book bahasa Indonesia. Kemudian, Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus) membebaskan keduanya. Tapi jaksa mengajukan kasasi dan dikabulkan.

"Kalau melanggar Pasal 8 UU Konsumen itu perbuatan yang dilarang untuk pelaku usaha. Dilarang jika tidak mencantumkan informasi mengenai produk dalam bahasa Indonesia, apakah kenanya ini?" ujar David.

Mahkamah Agung (MA) mengabulkan kasasi jaksa atas Dian dan Rendy dalam perkara nomor 998 K/PID.SUS/2013. Jaksa menuntut Dian dan Rendy selama 5 bulan penjara. Duduk sebagai ketua majelis Dr Zaharuddin Utama dengan anggota Suhadi dan Prof Dr Surya Jaya.

Randy Lester Samu Samu dan Dian Yudha Negara dituntut 5 bulan penjara karena telah melanggar pasal 62 yat 1 juncto pasal 8 Ayat 1 huruf j UU/ 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen karena menjual iPad tidak memiliki buku manual berbahasa Indonesia. Tidak dijelaskan dalam lansiran kasasi yang diketok pada 18 Desember 2013 itu berapa lama hukuman yang dijatuhkan kepada Dian dan Randy.

"Itu jadi Pasal 8 ayat 1J UU No 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Nah itu sanksinya apa? Di Pasal 62 memang pidana penjara maksimal 6 tahun atau denda paling banyak Rp 2 miliar, kemungkinan dia kena yang denda," kata David.


  • BPKN Pertanyakan Vonis MA di Kasus iPad Tidak Berpanduan Bahasa Indonesia
  • BPKN Pertanyakan Vonis MA di Kasus iPad Tidak Berpanduan Bahasa Indonesia

(vid/asp)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed