DetikNews
Senin 17 Mar 2014, 19:19 WIB

Merasa Tertipu, Puluhan Nasabah Investasi Emas Lapor Polisi

- detikNews
Merasa Tertipu, Puluhan Nasabah Investasi Emas Lapor Polisi Foto: Angling Adhitya P/detikcom
Semarang - Puluhan nasabah PT Golden Trades Indonesia Syariah (GTIS) mendatangi Mapolrestabes Semarang. Mereka melaporkan perusahaan yang bergerak di bidang investasi emas itu karena merasa ditipu.

Salah satu korban, Kun Riyanto mengaku mulai berinvestasi pada bulan November 2012. Saat itu ia membeli emas 500 gram seharga Rp 359 juta. Kun dijanjikan dana pembagian hasil sebesar 4,5 persen per bulan.

"Tiga bulan pertama saya mendapatkan dana hasil sekitar Rp 50 juta. Tapi setelah itu tidak ada kabarnya lagi," kata Kun di depan Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polrestabes Semarang, Senin (17/3/2014).

Pada bulan Februari 2013 nasabah dan pihak manajemen melakukan pertemuan dengan dimediasi oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Pihak manajemen berjanji membayarkan dana nasabah secara bertahap, namun kenyataannya hingga saat ini belum ada pembayaran.

"Kami juga sudah melaporkan ke OJK, tapi belum ada hasilnya," tegas Kun.

Korban lainnya, Emy Handayani warga Banyumanik mengatakan pihaknya sudah menyetor Rp 35,9 juta untuk emas 50 gram. Ia pernah mendapkan pembayaran satu kali pada bulan Januari 2013 sebesar Rp 897 ribu. Seharusnya bulan berikutnya mendapat Rp 1,2 juta, namun ternyata tidak ada pembayaran lagi.

"Mendaftar melalui marketing datang ke rumah. Saya ikut karena tertarik," ujarnya.

Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Djihartono mengatakan pihaknya akan mendalami kasus tersebut dan memeriksa sejumlah saksi. Ia mengimbau agar masyarakat berhati-hati agar tidak mudah tertipu penipuan bermodus investasi.

"Kami akan periksa saksi-saksi. Kasus seperti ini sering terjadi di daerah-daerah," kata Djihartono.

  • Merasa Tertipu, Puluhan Nasabah Investasi Emas Lapor Polisi
    Foto: Angling Adhitya P/detikcom
  • Merasa Tertipu, Puluhan Nasabah Investasi Emas Lapor Polisi
    Foto: Angling Adhitya P/detikcom

(alg/try)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed