DetikNews
Minggu 16 Mar 2014, 03:25 WIB

Taati Perintah SBY, Perusahaan di Riau Janji Bantu Atasi Kebakaran Hutan

- detikNews
Pekanbaru, - Presiden SBY akan memanggil seluruh perusahaan di Riau untuk membantu penanggulangan kebakaran hutan. Perusahaan kertas di Riau menyatakan siap membantu.

Atas permintaan presiden tersebut, Direktur PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) Kusnan Rahmin mengatakan pihaknya sudah mengerahkan 875 personil pemadan kebakaran dari perusahaan.

"Kita juga memperbantukan lagi 400 orang masyarakat peduli api yang kami bina selama ini," kata Kusnan kepada wartawan di Pekanbaru, Sabtu (15/3/2014) malam.

Kusnan juga menyebutkan, pihaknya sudah memberikan bantuan peralatan pompa air sebanyak 200 unit. Ditambah 30 alat berat untuk pemadaman api.

"Kita juga telah memperbantukan 2 heli untuk water bombing ke Satgas," kata Kusnan.

Secara terpisah, Manajer Humas Sinar Mas Forestry, Nurul Huda juga menyebutkan sejak tanggap darurat pihaknya juga memperbantukan 2 heli untuk lakukan water bombing.

"Ditambah lagi ada 300 personil pemadam kebakaran," kata Nurul.

Sebelumnya, Presiden SBY menyatakan akan memanggil seluruh perusahaan yang ada di Riau. Presiden meminta semua pihak membantu penanggulangan kebakaran hutan.

"Pembakaran hutan dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab menyebabkan masyarakat terkena imbasnya," kata Presiden SBY.

Presiden memberikan sinyal, jika Minggu (17/3/2014) masih akan menginap di Pekanbaru untuk memantau lokasi kebakaran hutan.

"Besok (Minggu) saya masih di Riau dan lusa (Senin) akan ada keputusan yang akan saya sampaikan. Operasi tanggap darurat ini kita fokus dan intens upaya pemadaman 3 pekan ke kedepan dan itu bisa diperpanjang jika memang belum padam," kata SBY kepada wartawan saat tiba di Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Jumat (15/3/2014) sore.



(cha/dnu)
-
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed