DetikNews
Kamis 27 Februari 2014, 09:34 WIB

Apa Kabar Denda dan Sanksi Bagi Perokok di Tempat Umum?

- detikNews
Apa Kabar Denda dan Sanksi Bagi Perokok di Tempat Umum? Foto: Andre (pasangmata.com)
Jakarta - Merokok di fasilitas umum seperti terminal, stasiun dan bandara sudah jelas dilarang. Peringatan soal sanksi dan ancaman denda sudah ditempel di mana-mana. Namun tetap saja ada yang melanggarnya.

Kontributor pasangmata.com bernama Andre Yulius mengirim foto seorang pria yang asyik menghisap rokok di peron KRL. Padahal jelas itu adalah ruang publik.

Para penumpang mulai dari bayi, anak-anak, hingga orang dewasa berdiri di peron untuk menunggu kereta. Tentu saja mereka menjadi 'korban' asap dari sang perokok.

"Ngerokok sembarangan di Peron KRL. pengen bener gw di denda sebesar2 nya untuk kasus orang-orang yang kaya gini. Nggak peduli sama orang lain," ujar Andre menanggapi kelakuan pria tersebut, Kamis (27/2/2014).

Fenomena semacam ini hampir terjadi di mana-mana. Aturan yang sudah dibuat seolah tak ada tajinya. Stiker, spanduk dan media kampanye lainnya dianggap angin lalu saja.

Dalam Pergub DKI Jakarta No. 75 Tahun 2005 tentang Kawasan Dilarang Merokok sebagaimana telah diubah dengan Pergub DKI Jakarta No. 88 Tahun 2010 sudah diatur soal larangan merokok di tempat umum. Pengelola gedung atau tempat umum wajib menerapkan aturan ini dengan tegas.

Lalu dalam Pasal 41 ayat (2) jo Pasal 13 ayat (1) Perda DKI Jakarta No. 2 Tahun 2005 tentang Pengendalian Pencemaran Udara sudah diatur sanksi tegas yakni, setiap orang yang merokok di kawasan dilarang merokok di kawasan dilarang merokok diancam dengan pidana kurungan paling lama 6 (enam) bulan atau denda sebanyak-banyaknya Rp. 50.000.000,- (lima puluh juta rupiah).

Apakah aturan di atas sudah ditegakkan? Atau masih banyak orang yang merokok sembarangan? Anda yang menemukan para perokok atau tempat yang melanggar aturan, silakan kirim fotonya ke pasangmata.com.



  • Apa Kabar Denda dan Sanksi Bagi Perokok di Tempat Umum?
    Foto: Andre (pasangmata.com)
  • Apa Kabar Denda dan Sanksi Bagi Perokok di Tempat Umum?
    Foto: Andre (pasangmata.com)

(mad/mok)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed