DetikNews
Kamis 23 Jan 2014, 02:50 WIB

Tanah Longsor di Kudus, 1 Tewas 10 Masih Tertimbun

- detikNews
Jakarta - Tanah Longsor yang diakibatkan hujan deras terjadi di Kudus, Jawa Tengah. Tanah Longsor ini mengakibatkan satu orang tewas dan 10 orang masih tertimbun.

\\"Bencana tanah longsor di perbukitan Dukuh Kambangan, Desa Menawan, Kecamatan Gebok, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah pada Selasa (21\/1) pukul 02.00 WIB. Longsor menimbun 14 rumah yang menyebabkan 12 orang tertimbun. 2 orang telah dapat dievakuasi,\\" ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB,Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulisnya, Rabu (22\/1\/2014).

Dari dua korban yang telah berhasil dievakuasi, seorang diantara dalam keadaan tewas dan seorang lagi selamat. Korban tewas adalah Sulasmi (45) dan korban selamat Karmuji (45).

\\"Korban selamat saat ini sedang dalam perawatan RS karena kakinya patah,\\" jelas Sutopo.

Saat longsor terjadi, warga sedang dalam keadaan tidur lelap. Posisi rumah warga berada di tebing lereng langsung tertimbun tanah.

\\"Korban tertimbun runtuhan ke dalam jurang sedalam 30 meter. Longsor juga menyebabkan 9 rumah rusak,\\" ungkapnya.

Selain longsor, banjir juga terjadi di Kabupaten Kudus. Banjir disebabkan jebolnya tanggul Kali Piji.

Beberapa Kecamatan terendam air, antara lain Kecamatan Mejobo dan Kecamatan Jati. Dua orang dilaporkan hanyut tersapu air banjir.

\\"2 orang hanyut yaitu 1 orang sudah ditemukan tewas Nur Fitriyanto (21) dan 1 orang belum ditemukan bernama Hendro Pitono,\\" pungkas Sutopo.