DetikNews
Minggu 25 Aug 2013, 05:21 WIB

Lurah Susan, Kopassus, dan Cita-cita Lihat Lenteng Agung dari Udara

- detikNews
Jakarta - Lurah Lenteng Agung Susan Jasmine Zulkifli (43) baru beberapa bulan menjabat. Tapi mungkin, kerja yang dia habiskan lebih banyak di luar daripada duduk di ruangan kantornya di Jl Agung Raya, Lenteng Agung, Jaksel.

\\\"Kalau cuma duduk saja saya capek,\\\" kata Susan saat ditemui Sabtu (24\/8\/2013) malam di kantornya.

Ibu satu anak ini menempati posisi sekarang setelah lulus lelang jabatan yang digelar Jokowi. Dahulu dia lama berkarier di BKKBN, kemudian di bagian sarana dan prasarana Kelurahan Senen.

Kala blusukan menyapa warga di 10 RW yang ada di Lenteng Agung, awalnya Susan hanya seorang diri. Tapi kemudian beberapa stafnya menyarankan agar dia ditemani petugas Satpol PP, untuk berjaga-jaga.

\\\"Saya lebih suka sendirian. tapi waktu masuk sini, mereka bilang ibu itu pimpinan wilayah dan mereka tidak mau terjadi apa-apa sama ibu. Ya sudah akhirnya saya keliling wilayah sama anggota Satpol PP saya satu orang itu, sekalian saya minta pegang kamera buat dokumentasi,\\\" terang ibu satu anak ini.

Susan memang kerap mengabadikan dengan foto kala blusukan. Foto itu nanti akan dia jadikan referensi untuk melakukan perbaikan, mulai dari jalan berlubang sampai kerusakan sarana dan prasarana layanan masyarakat.

Susan punya pengalaman unik kala blusukan. Salah satunya waktu acara Gubernur DKI Jokowi melakukan bersih-bersih Kali Ciliwung dengan Kopassus. Susan pun segera bergerak, Lenteng Agung juga dilintasi Kali Ciliwung.

\\\"Saya waktu itu menyeberang menggunakan getek. Saya baru pertama kali itu, getek yang ditarik pakai tali ke seberang. Sampai di seberang anggota Kopassus bilang ke saya, selamat siang Bu lurah, selamat datang di Mako Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur. Saya kaget, ternyata sudah masuk Jakarta Timur,\\\" urai Susan sambil tertawa.

Susan juga mendapat cerita dari anggota Kopassus, kalau mereka pernah memarahi warganya yang membuang sampah ke Kali Ciliwung. Susan meminta maaf atas ulah warganya itu.

\\\"Saya cuma bisa jawab, iya pak nanti kami bersihkan. Saya memang orangnya suka hal baru dan turun ke lapangan, waktu naik getek itu saya senang banget,\\\" jelas Susan yang blusukan dengan memakai motor ini.

Nah, saat ketemu Kopassus itu, Susan juga sempat bertutur soal keinginannya melihat Lenteng Agung dari udara. Susan mengutarakan uneg-unegnya, bila Kopassus ada kesempatan, dia berharap diajak naik helikopter melihat Lenteng Agung dari udara.

\\\"Saya bilang ke Kopassus, kalau naik helikopter saya diajak ya. Dia bilang kalau ada acara akan kami undang, saya senang banget. soalnya saya mau tahu wilayah saya dari atas. karena selama ini saya lihat di bawah terus, saya nggak tahu gimana kalau dari atas,\\\" urainya.

Tak hanya itu saja, dia juga meminta Kopassus untuk mengajarkannya terjun dengan parasut. \\\"Terus saya juga bilang mau ikut terjun parasut, mereka kaget katanya kok ibu berani. Saya memang suka seperti itu. Jadi bersama mereka, saya ingin membantu menjaga kebersihan Kali Ciliwung,\\\" tutup jebolan Fisip UI ini.


(vid/ndr)
Mulai hari anda dengan informasi aneka peristiwa penting dan menarik di "Reportase Pagi" pukul 04.00 - 05.30 WIB hanya di Trans TV
Komentar ...
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed