DetikNews
Rabu 24 Jul 2013, 17:15 WIB

Cewek Simpanan Bandar Narkoba

Mencari Ruangan Khusus Freddy dan Vanny di LP Narkotika Cipinang

- detikNews
Jakarta - Vanny Rossyane (22) mengumbar foto-foto ruangan khusus di LP Narkotika Cipinang. Di ruangan itu, Vanny mengaku bersama bandar narkoba Freddy Budiman yang divonis mati PN Jakbar memadu kasih dan memakai narkoba. Benarkah ada ruangan itu?

Detikcom pada Rabu (24\/7\/2013) siang diberi kesempatan Kepala LP Narkotika Thurman Hutapea mengunjungi ruangan-ruangan di kantornya. Thurman mempersilakan mengecek apakah ada ruangan yang sama dengan ruangan di foto Vanny itu.

Ruang pertama yang didatangi, ruang kerja pegawai staf lapas yang berada di lantai satu gedung itu. Total terdapat 12 ruangan di gedung berlantai dua itu.

Di antara belasan ruangan tersebut, terdapat 6 ruangan di lantai 1, termasuk ruangan Kepala seksi pengawasaan.

\\\"Sekarang kita transparan saja, kau bisa lihat ruangan-ruangan pegawai saya di gedung dua, di lantai satu itu ada 6 ruangan,\\\" kata Thurman kepada detikcom.

Tanpa takut-takut, Kalapas menujukkan ruangan administrasi serta ruangan pendataan. Ruangan ini biasanya digunakan para narapidana yang baru masuk ke dalam Lapas. Thurman mengajak masuk ke salah satu ruangan kepala seksi yang berada di lantai satu.

\\\"Ini ruangan Kasie pengawasan. Ayo kita lihat apakah betul sama seperti dengan di foto yang ditunjukan oleh wanita itu?\\\" tanya Thurman.

Ruangan yang berukuran 3x4 meter tersebut terdapat sebuah sofa dan lemari display yang berisi mainan mobil-mobilan dan TV Led yang berukuran 30 inchi. Menurut Thurman, pegawainya memiliki kebiasaan koleksi mainan.

\\\"Dia ini pegawai saya yang paling banyak koleksi mainan. Bisa lihat itu mobil-mobilannya ada banyak, bahkan kalah bagus dengan ruangan saya,\\\" sindir Thurman.

Kalapas pun menunjuk satu ruangan yang disebut dengan ruang konsultasi. Menurut dia, ketika ada narapidana yang hendak berkonsultasi bisa bertemu di ruang tersebut. Ruangan tersebut tidak besar hanya memiliki sofa dan meja dengan ukuran 3x4 meter.

Perjalanan pun dilanjutkan dengan melihat ke ruangan kerja lainnya milik Kasubdit di Lapas Narkotika. Mayoritas dari ruangan tersebut memiliki staf 3 sampai 4 orang berikut dengan Kasubdit tersebut.

Ada yang menarik dan mencurigakan ketika berkeliling masuk ke ruangan Kepala Sub Seksi Kegiatan Kerja, Abner Jolanda. Ruangan tersebut paling luas di antara ruangan Kasubsie lain.

Yang menarik, biasanya setiap ruangan Kasubsie ditempati juga 3 sampai 4 pegawai, namun ruangan Abner, tidak ada pegawai sama sekali.

\\\"Seharusnya ada staf pegawai, tapi karena cewek, Pak Abner merasa riskan, kemudian dipindahkan lah staf tersebut di gedung BLK (Balai Kerja),\\\" imbuh Thurman.

Nah, yang tidak bisa dipungkiri adalah sofa warna hitam dan lemari berisi koleksi botol hias di ruangan Abner. Sofa dan lemari berisi botol itu mirip dengan ruangan yang difoto Vanny. Saat itu, Vanny memotret ruang itu pada Mei 2013.

Keberadaan TV dan speaker juga sama persis. Tapi ada tak ada papan biru dan sofa bermotif kotak-kotak. Jika ini memang ruangan yang dimaksud Vanny, berarti tata letak ruangan itu sudah diubah.

\\\"Tidak mungkin sama, itu sofa hitam di foto sudah butut, sudah gitu di foto ada sofa kotak-kotak. Buktinya di sini tidak ada,\\\" ujar Thurman memberi penjelasan.

\\\"Lagi pula Abner juga jarang ada di ruangan dia lebih sering ada di lapangan,\\\" sambungnya lagi.



(ndr/asy)
Akhiri hari anda dengan menyimak beragam informasi penting dan menarik sepanjang hari ini, di "Reportase Malam" pukul 01.30 WIB, hanya di Trans TV
Komentar ...
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed