DetikNews
Follow detikcom Like Follow
Senin 22 Jul 2013, 07:06 WIB

Maling Motor Kepergok Warga yang Lagi Sahur on The Road di Pasar Kemis

- detikNews
Maling Motor Kepergok Warga yang Lagi Sahur on The Road di Pasar Kemis
Jakarta - Seorang pelaku pencurian spesialis motor bernama Amay (24) tertangkap aparat Polsek Pasar Kemis, Tangerang. Tidak hanya itu, petugas bersama warga juga berhasil menangkap basah empat pelaku pencurian di sebuah pabrik antene.

Kelima pelaku kejahatan itu ditangkap aparat Polsek Pasar Kemis bersama warga sekitar saat menggelar kegiatan sahur on the road sambil berpatroli di wilayah Kecamatan Pasar Kemis, Tangerang, pada Minggu (21\/7\/2013) dini hari.

\\\"Amay tertangkap ketika anggota melakukan patroli di Jalan Raya Pasar Kemis. Saat itu kami mencurigai tersangka karena gerak-geriknya yang mencurigakan,\\\" jelas Kapolsek Pasar Kemis Komisaris Afroni Sugiarto kepada detikcom, Senin (22\/7\/2013).

Petugas kemudian melakukan penggeledahan kepada tersangka. Dari tersangka, polisi menemukan kunci letter T, yang diduga sebagai alat untuk mencuri motor.

\\\"Motor yang digunakan tersangka itu motor hasil curian dari rumah warga,\\\" ungkap Afroni.

Ditambahkan Afroni, Amay tercatat sebagai residivis kasus serupa. Amay baru saja menghirup udata bebas dari LP Pemuda, pada Bulan Maret 2013 lalu. Dari tersangka, disita 1 unit motor Yamaha Mio G berikut kunci letter T.

“Tersangka dapat dijerat pasal 363 dan 480 ancaman penjara diatas 5 tahun,” ungkapnya.

Bersamaan dengan tertangkapnya Amay, warga Pasar Kemis yang ikut serta dalam kegiatan sahur on the road ini juga berhasil mengamankan 4 pelaku pencurian dengan pemberatan di pabrik antene di Desa Sukamantri, Kecamatan Pasar Kemis. Tersangka MT Cs ini berhasil tertangkap setelah warga yang melakukan siskamling mengepung para pelaku.

\\\"Para pelaku masuk panrik melalui atap, kemudian mengeluarkan lempengan aluminium melalui celah pintu,” imbuhnya.

Afroni melanjutkan, kegiatan sahur on the road ini akan terus dilakukan hingga menjelang Idul Fitri. Menurutnya, kegiatan ini efektif guna mengantisipasi adanya gangguan ketertiban masyarakat.

\\\"Kita ajak masyarakat untuk berperan serta dalam kegiatan sahur on the road itu yakni dengan melakukan siskamling,\\\" jelas dia.

Selain berpatroli bersama warga, kegiatan sahur on the road yang dibuka oleh Kapolres Tangerang Kombes Pol Irfing Jaya ini, dilanjutkan dengan pemberian makanan bagi warga masyarakat yang ikut berpartisipasi. Dalam kegiatan ini, Kapolres mengimbau warga Pasar Kemis untuk berperan aktif dalam menciptakan keamanan di lingkungan tempat tinggalnya.

“Saya apresiasi upaya Polsek Pasar Kemis ini sebagai langkah yang inovatif dalam upaya mengantisipasi gangguan ketertiban masyarakat ini. Diharapkan dengan upaya ini, kriminalitas, khususnya di wilayah Pasar Kemis ini, menurun,\\\" ujar Irfing.


(mei/rvk)
Komentar ...
News Feed